_
Home / Medan / Warga Kodam Singgasana I Kecam Aksi Penggusuran TNI
WOL Photo/caessaria indra diputri

Warga Kodam Singgasana I Kecam Aksi Penggusuran TNI

MEDAN, WOL – Puluhan warga yang tergabung dalam Badan Musyawarah Warga Perkampungan Kodam Singgasana I Tanjung Rejo, Medan Sunggal menggelar aksi pengecaman terhadap penggusuran yang dilakukan oleh oknum TNI di gedung DPRD Sumatera Utara, Kamis (22/5).

Mereka menyayangkan aksi TNI ini karena tidak sepatutnya TNI yang mengayomi masyarakat tetapi justru mengambil paksa rumah yang ditempati para veteran dan purnawirawan selama bertahun-tahun.

“Selama ini kami membiayai sendiri untuk perawatan rumah, membayar PBB, listrik, dan air. Semua material bangunan sudah diganti karena telah dimakan usia dan penggantian itu dilakukan dengan biaya sendiri,” kata Koordinator Aksi, Tumpal Simanjuntak.

Sejak lima tahun yang lalu, Asisten Logistik (Aslog) TNI AD mengatasnamakan Pangdam menggusur ratusan kepala keluarga para veteran. Padahal warga Kodam Singgasana I ini telah mengadukan masalah ini kepada DPR RI untuk meminta petinggi TNI mengeluarkan moratorium penghentian pengosongan rumah kepada para purnawirawan.

Aksi unjuk rasa damai ini diterima oleh Komisi B DPRD Sumut Guntur Manurung, Sudarto Sitepu, dan Ramses Simbolon.  “Perlu kami sampaikan bahwa di DPRD Sumut ada prosedur-prosedur yang harus dilaksanakan. Ada baiknya ini kami teruskan ke kawan-kawan di Komisi A yang membidangi hukum dan pemerintahan,” kata Ramses.

Ia juga menyarankan kepada para perwakilan warga untuk membuat berkas berisi kronologis kejadian yang disertai dengan fakta-fakta pendukung terkait masalah ini. Ramses juga meminta para warga untuk tidak mengajak para lansia untuk ikut berorasi.

Ditambahkan Guntur, pihaknya juga merekomendasikan kepada jajaran TNI untuk berhenti mengintimidasi keluarga purnawirawan.(wol/data1)

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hitung Ulang di Sumut: Suara Gerindra Malah Berkurang

MEDAN, Waspada.co.id – Hasil penghitungan ulang suara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di DPRD Sumatera ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.