_
Home / Medan / Warga Keluhkan Kenaikan Biaya Pengurusan STNK dan BPKB
WOL Photo/Lihavez

Warga Keluhkan Kenaikan Biaya Pengurusan STNK dan BPKB

MEDAN, WOL – Rencana kenaikan tarif pengurusan STNK dan BPKB yang dilakukan Kepolisian Republik Indonesia pada 6 Januari 2017 dikeluhkan warga Kota Medan yang nilai sangat merugikan dan tidak wajar.

Sebab, kenaikan yang dilakukan mencapai tiga kali lipat dari tarif yang telah diterapkan sebelumnya.

“Ya kalau emang besok tarif pengurusan STNK dan BPKB naik cukup membebankan masyarakat,” jelas Jul (32), salah seorang warga Kota Medan saat mengurus berkas kendaraan di Kantor Samsat, Kamis (5/1).

Jul menyebutkan, kenaikan yang dilakukan pemerintah jelas semakin membebankan rakyat kecil. Sebab, penghasilan yang kecil harus membayar pajak kendaraan yang begitu besar.

“Pasca tahun baru ini semuanya naik. Untuk pajak kendaraan bisa naiknya hingga tiga kali lipat,” sebutnya seraya mengaku kenaikan tarif STNK dan BPKB tanpa adanya sosialiasi dari pihak Samsat Ditlantas Polda Sumut.

Pria yang bekerja sebagai wirausahawan ini, mengaku terpaksa membayar pajak kendaraan agar tidak terkena kenaikan tarif pengurusan STNK dan BPKB yang tidak wajar. “Ya inilah aku lagi ngurus pajak kendaraan agar tidak terkena kenaikan tarif,” ujar Jul.

Hal senada juga disampaikan, Ita (28), yang juga tengah mengurus pajak kendaraan meminta kepada pemerintah untuk tidak menaikan tarif mengurus STNK tersebut, karena dinilai terlalu berlebihan.

“Kalau naik jangan sampai berlebihan kali. Karena kan masih banyak masyarakat yang keuangannya menegah ke bawah, kan kasian. Perhatian juga lah sama rakyat yang dibawah,” tuturnya.

“Tadi saya liat di dalam kalau mau perpanjang STNK naik dua kali lipat yang biasanya Rp 50 ribu untuk sepeda motor mulai besok sudah naik Rp 100 ribu,” jelasnya.

Pantauan Waspada Online di lapangan, jelang kenaikan biaya pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) oleh Pemerintah, warga Kota Medan berbondong-bondong mendatangi Kantor Samsat Medan Utara di Jalan Putri Hijau. (wol/lvz/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Uang Rp400 Juta Milik Swalayan Irian Market Dirampok

MEDAN, Waspada.co.id – Satu unit mobil vendor pengisian ATM plat B 1005 SKV dirampok di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.