Home / Medan / Wali Kota: Puasa Baik Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
WOL Photo

Wali Kota: Puasa Baik Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan dunia kedokteran telah menemukan bukti bahwa puasa bukan hanya baik bagi kesehatan jasmaniah namun juga baik bagi kesehatan rohaniah. Hal ini diperkuat dalam sebuah hadist yang menyatakan shumu tashihhu di mana artinya ‘berpuasalah, niscaya kamu akan sehat’.

Dikatakan Wali Kota, hikmah puasa Ramadhan selain menyehatkan tubuh melalui proses detoksifikasi toksin, juga membersihkan jiwa serta menanamkan sifat kasih sayang kepada sesama. Di samping itu melatih kesabaran orang yang berpuasa sekaligus sebagai intropeksi diri.

Selain itu tambah Wali Kota lagi, hikmah puasa juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian dapat memperbaiki kualitas ibadah yang dilakukan serta sebagai sarana memperkuat umat.

“Selain itu puasa Ramadhan mengajarkan umat Muslim agar mampu berbuka puasa secara sederhana dan jangan berlebih-lebihan, sebab masih banyak umat Muslim di luar sana yang tidak mampu berbuka puasa selain hanya dengan makanan dan minuman seadanya,” kata Wali Kota saat menghadiri buka puasa bersama dengan Dewan Komisaris dan jajaran petugas medis RS Bunda Thamrin di Jalan Sei Batanghari Medan, Selasa (5/6) petang.

Untuk itulah Wali Kota mengajak semua yang hadir agar terus mengasah jiwa sosial dan senantiasa berempati terhadap nasib-nasib warga kurang mampu, termasuk pasien muslim yang dirawat di RS Bunda Thamrin.

“Jangan jadikan buka puasa bersama sebagai kegiatan seremonial tahunan belaka. Justru mari kita jadikan kegiatan ini untuk melihat berbagai realitas fenomena yang terjadi di sekitar kita,” pesannya.

Selanjutnya Wali Kota mengajak seluruh insan kesehatan yang hadir untuk mendukung program kesehatan yang telah dirancang Pemko Medan. Dengan demikian program kesehatan itu dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Buka puasa bersama ini turut dihadiri Hendra Wibowo dan dr Hely Wijaya Kesuma selaku Ketua Dewan Komisaris RS Bunda Thamrin, H Syamsul Arifin selaku tokoh masyarakat Sumut, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Tingkat I Medan, M Hidayat, Direktur RS Bunda Thamrin, dr Teren Dillon MKes, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh staf karyawan dan perawat RS Bunda Thamrin serta berisikan tausiah dari Al Ustadz H Muhammad Nuh MSP. (wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Menkeu Buka Sidang Pleno AFEBI XV di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, diwakili Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, menghadiri ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: