Breaking News
Home / Medan / Wali Kota: Media Online Penghubung Informasi Rakyat
WOL Photo
WOL Photo

Wali Kota: Media Online Penghubung Informasi Rakyat

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menerima audiensi Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (18/1).

Kehadiran IWO ini selain bersilaturahmi juga sekaligus mengundang Wali Kota hadir dalam pelantikan Kepengurusan IWO Sumut yang akan diselenggarakan di Hotel GranDhika Medan, Jalan Dr Mansyur, Jumat (19/1).

Ketua IWO Sumut, Mey (kompas.com), menyebutkan organisasi ini merupakan wadah para media online yang ada di Sumut. Seluruh anggota IWO merupakan wartawan yang bekerja sebagai sosial kontrol dan perpanjangan tangan masyarakat dalam penyampaian informasi.

“Maka dari itu kami sedang mengumpulkan kawan-kawan dari media online yang benar-benar bekerja untuk bergabung bersama kami, supaya pemerintah daerah juga bisa melakukan kontrol terkait keberadaan media online di Sumatera Utara,” lanjut Mey.

Ditambahkan Mey, sampai saat ini sudah ada 50 media online yang bergabung dan terdata di IWO Sumut. Inilah yang nantinya akan dilantik Jumat malam. Kehadiran mereka katanya bukan hanya untuk kepentingan jurnalis, tapi juga untuk kepentingan masyarakat luas, yakni sebagai media masyarakat juga untuk mengawasi dan mengontrol kinerja pemerintah daerah.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, didampingi Kadis Kominfo Zain Noval dan Kabag Humas Rasyid Ridho Nasution, mendukung pelantikan IWO Sumut. Diharapkan ke depannya IWO Sumut dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Medan dalam penyampaian informasi bagi masyarakat. “Kalau tidak ada kendala, Insha Allah saya akan hadir,” ucapnya.

Terbentuknya IWO, tutur Eldin, ini diharapkan juga menjadi sarana yang tepat bagi wartawan media online untuk saling berbagi informasi terkait hal-hal yang dapat bermanfaat luas bagi masyarakat.

“Saya juga masih selalu mendapat informasi pemberitaan dari masyarakat dan media massa untuk dijadikan sebagai masukan referensi Pemerintah Kota Medan dalam memacu program Pemda, jadi ada hubungan timbal baliknya,” ungkap Eldin.

Kesempatan itu juga dijadikan Wali Kota untuk menerangkan bahwa saat ini dirinya masih fokus pada perbaikan infrastruktur kota.

“Infrastruktur dasar itu vital. Kalau tidak kita lakukan hal itu, Kota Medan akan terlihat biasa-biasa saja, tidak menarik bagi investor untuk masuk ke Medan. Ini yang harus kita cermati bersama,” sambungnya.

Eldin menyadari tidak semua pembangunan infrastruktur tertampung dalam APBD Kota Medan. Ketika memang anggaran daerah tidak mampu dirinya siap menerima bantuan pembangunan dari Pemerintah Pusat. Seperti yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, saat meninjau Ex Pasar Aksara yang terbakar, yang karena keterbatasan anggaran Pemko Medan maka akan dibangun tahun ini oleh Presiden melalui Kementerian PUPR.

Di akhir penyampaiannya, Eldin juga menuturkan telah menginstruksikan OPD agar terbuka kepada masyarakat.

“Melalui Dinas Kominfo dan Bagian Humas, silakan disampaikan program-program Pemko yang sudah berjalan dan yang akan berjalan supaya masyarakat tahu bahwa pemerintah kota itu bekerja,” sebutnya seraya menekankan bahwa orientasi Pemko Medan adalah tetap pada niat melayani dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Kota Medan.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: zimbio

Gawat! Pogba Mulai Tidak Nyaman

MANCHESTER, WOL – Media asal Prancis, L’Equipe, menyebut ada potensi terjadi transfer hebat di awal ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.