Breaking News
Home / Medan / Wali Kota Buka Festival Seni Nasyid
WOL Photo
WOL Photo

Wali Kota Buka Festival Seni Nasyid

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi membuka Festival Seni Nasyid ke-35 Tingkat Kota Medan 2015 di Lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau Medan.

Even ini digelar dalam upaya mengembangkan Seni Nasyid yang bernuansa moral dan religius ini lebih luas dan baik lagi di tengah masyarakat, sehingga mampu memberi andil yang lebih besar dalam meningkatkan gerakan pembinaan masyarakat di Kota Medan.

Festival Seni Nasyid yang berlangsung selama 6 hari ini, diikuti 47 grup yang dibagi ke dalam tiga cabang yakni  dewasa, remaja dan anak-anak. Seluruh peserta ini merupakan utusan dari seluruh kecamatan di Kota Medan. Untuk memaksimalkan festival Seni Nasyid ini, panitia menghadirkan juri dari Lembaga Pembinaan Pengembangan Seni Nasyid (LPPS) Kota Medan.

Mantan Sekda Kota Medan ini menjelaskan, festival Seni Nasyid ini digelar sebagai salah satu upaya dan sarana untuk menggiatkan pembinaan kesenian dan kebudayaan di Kota Medan, khususnya yang bernuansa agama Islam.

Selain itu Nasyid juga merupakan salah satu cabang seni dan budaya yang telah berperan dan memberikan kontribusi positif dalam menunjang gerakan pembinaan masyarakat.

“Pembinaan kemasyarakatan dapat dilakukan melalui berbagai jalur, antara lain melalui pendekatan keagamaan maupun seni budaya. Salah satunya pendekatan melalui seni, termasuk Nasyid yang merupakan salah satu cara yang selama ini memiliki peran yang tidak kecil. Sebab Nasyid dengan segala lirik dan syairnya mengandung nilai-nilai pesan moral yang religius dan edukatif,” kata Wali Kota.

Atas dasar itulah Wali Kota menilai Seni Nasyid perlu dikembangkan lebih luas agar mampu memberikan peran yang lebih berarti dalam mendorong pembinaan masyarakat. Karena melalui sentuhan-sentuhan kata dalam syairnya, Nasyid dapat mengunggah nurani insaniah, sehingga mampu mempengaruhi manusia untuk melakukan perbaikan prilaku dari yang kurang baik menjadi lebih baik.

“Festival ini merupakan salah satu upaya kita untuk mengembangkan Seni Nasyid di Kota Medan. Kita harapkan melalui festival Nasyid seperti ini pertumbuhan seni yang bernuansa moral dan religius ini dapat lebih baik. Dengan demikian mampu memberikan andil yang lebih besar dalam meningkatkan gerakan pembinaan kemasyarakatan di Kota Medan”, ungkap Wali Kota.

Untuk kesuksesan festival ini, Eldin berpesan kepada panitia penyelenggara agar dapat melaksanakan festival ini dengan sebaik-baiknya dengan menyediakan segala fasilitas yang lebih memadai bagi seluruh peserta. Sedangkan untuk para peserta diharapkan mengikuti festival ini dengan sungguh-sungguh dan semangat yang tinggi.

“Kepada seluruh peserta saya berharap agar mengikuti festival ini dengan sungguh-sungguh. Kerahkan segala kemampuan dengan penampilan yang memikat, sehingga diharapkan seni nasyid akan mampu bersaing dengan cabang-cabang seni lainnya di era kemajuan global saat ini dan dimasa mendatang,” harapnya.

Sebelumnya Asisten Kesejahteraan Kemasyarakatan (Askesmas) Setdakot Medan, H Erwin Lubis SH MM selaku Ketua Panitia Pelaksana Festival Seni Nasyid melaporkan, maksud dan tujuan kegiatan Festival Nasyid ini diadakan setiap tahunnya adalah sebagai usaha menumbuhkembangkan kemampuan dan keterampilan menguasai Seni Nasyid di Kota Medan, terutama bagi generasi muda.

“Festival Seni Nasyid ke 35 ini diselenggaraakan untuk memasyarakatkan kebudayaan seni nasyid di tengah-tengah masyarakat. Selain itu  untuk meningkatkan dakwah di bidang seni nasyid di tengah-tengah masyarakat dalam upaya menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” papar Erwin, kemarin malam.

Pembukaan Festival Seni Nasyid ke -35 Kota Medan ini ditandai dengan penabuhan rebana oleh Wali Kota bersama Ketua MUI Kota Medan Prof Dr Mohd Hatta dan Dewan Kota Drs Afifudin Lubis. Sebelumnya Wali Kota juga telah melantik dewan juri yang akan menjadi tim penilai festival Seni Nasyid yang berlangsung mulai 31 Mei sampai 5 Juni mendatang. (wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Pekerja Jatuh, RS Haji Medan ‘Tutup Mata’

MEDAN, WOL – Pekerja bangunan, Rudi warga Jalan Pertiwi, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, mengalami ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.