Home / Medan / Wali Kota Beri Asupan Gizi Anak SD, Ibu Hamil & Menyusui
WOL Photo

Wali Kota Beri Asupan Gizi Anak SD, Ibu Hamil & Menyusui

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, memberikan makanan beragam gizi seimbang dan aman bagi anak sekolah dasar (SD) di Lapangan Sepakbola Jalan Kapten Rahmad Buddin Pasar V, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Rabu (22/4).

Selain itu, Eldin juga memberikan makanan tambahan bagi ibu hamil, menyusui dan balita. Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk mensosialisasikan pola pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi anak SD. Di samping itu untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan asupan gizi bagi anak SD, ibu hamil, ibu menyusui serta balita. Serta meningkatkan produktifitas dan kualitas usaha home industri bidang pangan di Kota Medan.

Mantan Sekda kota Medan ini menilai, kegiatan ini memiliki arti penting dan strategis, terutama peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya bagi anak usia sekolah, ibu hamil dan menyusui sekaligus  memberikan pemahaman kepada semua tentang  pentingnya diversifikasi  konsumsi pangan dan keamanan pangan sejak dini.

“Di samping itu kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pemko Medan tas kebijakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal,” kata Wali Kota.

Untuk itulah Wali Kota berharap kegiatan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan, serta memberikan manfaat bagi semua, terutama bagi anak-anak, ibu hamil maupun menyusui sehingga kebutuhan kalori perhari dapat terpenuhi dengan cukup dan berkualitas.

Apalagi ungkap Wali Kota, harus disadari Kota Medan saat ini belum sepenuhnya terbebas dari gizi buruk dan gizi kurang, sebab masih ada dijumpai bayi lahir dengan berat badabn rendah akibat kekurangan asupan gizi sejak dalam kandungan. Karenanya, diperlukan kerja sama semua, baik itu pemerintah, masyarakat serta stakeholder lainnya guna mengatasi permasalahan kesehatan tersebut.

Atas dasar itulah Wali Kota minta kepada seluruh jajaran Badan ketahanan Pangan Kota Medan agar senantiasa melakukan koordinasi dan meningkatkan komunikasi, terutama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, kecamatan, kelurahan serta SKPD Lainnya agar saling bekerjasama, bersinergi dan bersama-sama menjalankan kegiatan-kegiatan yang terintegrasi, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Salah satu misi pokok kita adalah mendorong percepatan dan perluasan pembangunan kesehatan di semua tingkatan. Untuk mewujudkan itu, Pemko Medan tentunya tidak dapat melakukannya tanpa partisipasi luas, trutama dari kelompok masyarakat, mulai tingkat, kecamatan, kelurahan sampai  tingklat terkecil yaitu rumah tangga,” ungkapnya.

Selanjutnya Wali Kota mengajak semua meningkatkan kualitas kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bebas dari bahan tambahan pangan berbahaya dengan memanfaatkan sumber  daya pangan lokal, baik di lingkungan sekolah maupun rumah tangga. Kemudian Eldin juga mengingatkan, saat ini sudah banyak dijumpai produk makanan, terutama yang dikonsumsi anak-anak mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan.

Mencegah tidak dikonsumsi anak-anak, Wali kota menyarankan kepada para orang tua agar berhati-hati dan selektif  dalam  memilih serta mengkonsumsi berbagai produk makanan yang dijual. Perhatikan kandungan isinya, waktu kadaluarsanya dan lihat apakah memiliki izin atau tidak. Sebab, tidak jarang memberikan efekl kesehatan yang negatif dalam jangka panjang.

Usai memberikan makanan bergizi kepada anak SD dan ibu hamil serta menyusui secara simbolis, Wali Kota selanjutnya meninjau SD dan SMP Yayasan Pendidikan Medan Labuhan (Yaspenhan) yang berada di belakang lapangan sepakbola. Setelah itu dilanjutkan dengan meninjau mobil laboratorium keliling  milik Badan Ketahanan Pangan Kota Medan yang berada di lokasi acara.

Pemberian makanan bergizi ini diperuntukkan bagi murid kelas 1 SD sejumlah 300 murid yang dilaksanakan di 4 lokasi. Kemudian pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan menyusui sejumlah 150 orang di 5 kelurahan. Lalu pemberian makanan tambahan bagi balita  sejumlah 150 orang balita di 4 kelurahan.(wol/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Atasi Banjir Kita Lakukan Pembenahan di Beberapa Titik”

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: