Breaking News
Home / Medan / Wali Kota Ajukan Ranperda Tentang Hak DPRD Medan
WOL Photo
WOL Photo

Wali Kota Ajukan Ranperda Tentang Hak DPRD Medan

MEDAN, WOL – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raneperda) tentang Hak Keuangan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Medan. Ranperda ini mengatur berbagai fasilitas yang diperoleh Pimpinan dan Anggota DPRD Medan yang dibebankan dalam APBD Medan.

Dalam Ranperda yang disampaikan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, di Paripurna DPRD Medan, disebutkan, penghasilan Pimpinan dan Anggota DPRD Medan yang dibebankan dalam APBD itu berupa uang representatif, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan alat kelengkapan.

Uang representatif Ketua DPRD Medan setara dengan gaji pokok Wali Kota. Wakil DPRD 80 persen dari uang representatif Ketua DPRD dan anggota mendapatkan 75 persen dari uang representatif Ketua DPRD.

Uang paket yang diterima setiap bulan sebesar 10 persen dari uang representatif masing-masing. Sedangkan besar tunjangan keluarga dan tunjangan beras tidak ada perbedaan antara ketua, wakil ketua dan anggota.

Diatur juga, tunjangan jabatan sebesar 14 persen dari uang representatif yang diterima masing-masing ketua, wakil ketua, dan anggota dewan. Sedangkan untuk tunjangan alat kelengkapan diberikan berdasarkan kedudukan masing-masing, dengan rincian Ketua 7,5 persen, Wakil Ketua 5 persen, Sekretaris 4 persen dan anggota 3 persen.

Para wakil rakyat di Medan ini juga bakal mendapatkan tunjangan kesejahteraan berupa jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan pakaian dinas serta atribut.

Pimpinan DPRD, mendapatkan tunjangan kesejahteraan berupa rumah negara dan perlengkapannya, kendaraan dinas dan belanja rumah tangga. Sedangkan para anggota mendapatkan rumah negara dan tunjangan transportasi.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan kemarin, Ranperda ini diusulkan Pemko Medan berdasarkan Pasal 28 Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Sehubungan dengan pengajuan  ini, kiranya dewan yang terhormat dapat membahas sesuai dengan ketentuan dan selanjutnya memberikan persetujuan,” tukas Eldin.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Unjuk rasa ratusan warga di Lagos, Nigeria, 6 Februari 2017. (Foto: AFP/PIUS UTOMI EKPEI)

Ribuan Orang Protes Kelangkaan Pangan di Nigeria

KANO, WOL – Ribuan orang yang terusir dari rumah mereka akibat pemberontakan Boko Haram, Minggu ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.