Home / Medan / Waka Poldasu Akui Pilot Helikopter Bawa Pengantin Terima Duit
Istimewa

Waka Poldasu Akui Pilot Helikopter Bawa Pengantin Terima Duit

MEDAN, WOL – Waka Polda Sumut, Brigjend Pol Agus Andrianto, mengugkapkan kasus helikopter milik Polri yang dinaiki Fihzan Widyatama Ginting dan Sartika Ayuningsih pasangan pengantin asal Kota Siantar telah diserahkan ke Mabes Polri.

Hal itu disampaikannya saat menggelar keterangan pers di Mako Polda Sumut, Senin (5/3) didamping Kabid Humas Polda Sumut, Karo Ops Poldasu, dan sejumlah pejabat utama di Polda Sumut.

Menurutnya, pilot helikopter berinsial Iptu T dan Iptu W telah melakukan kesalahan dengan memberikan izin kepada pasangan pengantin untuk terbang bersama tanpa melaporkannya kepada pihak yang bertanggungjawab. Padahal penggunaan heli khusus ditunjukkan kepada Kapolda Sumut untuk melaksanakan tugas memantau keamanan Sumatera Utara melalui jalur udara.

Agus menuturkan, dari hasil penyelidikan pilot helikopter mendapat uang yang diberikan pihak penyelenggara pernikahan membawa pasangan pengantin terbang mengeliling Kota Siantar.

“Begini ya rekan-rekan, awalnya orang tua pengantin telah memberikan uang senilai Rp120 juta untuk menyewa helikopter milik swasta kepada agen untuk acara pernikahan. Karena kondisi heli yang disewa mendadak rusak oleh agen, selanjutnya mencari alternatif pengganti menggunakan heli Polri. Kerena pilot kenal dengan pihak agen acara pernikahan akhirnya mau membawa terbang pasangan pengantin tersebut,” tuturnya.

“Ya pasti dapatlah (uang-red). Namun enggak etis kalo kita sebutkan nominalnya berapa pilot heli terima uang dari broker (agen-red). Saat ini kasusnya tengah ditangani Mabes Polri,” sambung Jenderal Bintang Satu tersebut.

Agus menegaskan, Polda Sumut tidak pernah memberikan izin kepada warga sipil menaiki helikopter milik Polri untuk kepentingan pribadi.

“Kemarin (Minggu 25/2) sebelum heli terbang Karo OPS Poldasu telah menanyakan kepada pilot mau pergi ke mana? Kemudian sang pilot berkata akan melakukan pengecekan radio terhadap heli. Namun kenyataannya, heli digunakan membawa pengantin dan videonya viral di media sosial,” akunya.

sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, mengungkapkan pilot helikopter bukan personil Polda Sumut melainkan anggota Baharkam Mabes Polri.

“Iptu T dan Iptu W statusnya BKO yang hanya bertugas membawa helikopter menjadi kendaraan Dinas Polda Sumut. Dia merupakan anggota Baharkam Mabes Polri,” ungkapnya sembari menambahkan Baharkam Polri bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan dan upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri.

“Memang yang bertugas membawa kendaraan dinas seperti helikopter merupakan anggota Baharkam Mabes Polri. Sebab memiliki Satuan Direktorat Polisi Udara Baharkam Mabes Polri,” pungkas Rina.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Saya Tidak Mau Dengar Ada Polisi Tidak Melayani Masyarakat”

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto, meresmikan Pos Polisi Kuala Tanjung, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: