Home / Medan / Wagubsu Harapkan IKA USU Dapat Tingkatkan Kualitas Almamater
WOL Photo
WOL Photo

Wagubsu Harapkan IKA USU Dapat Tingkatkan Kualitas Almamater

MEDAN, WOL – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Nurhajizah Marpaung, mengharapkan Musyawarah Nasional (Munas) 1 Ikatan Alumni (IKA) USU dapat menjadi momentum awal, sebagai langkah bagi para alumni untuk meningkatkan kiprah pengabdian dan menggerakkan potensi USU untuk kemajuan almamater USU.

Hal itu diungkapkannya dalam Munas 1 Ikatan Alumni (IKA) USU yang digelar di Convention Raz Plaza, Jumat (12/1).

Turut hadir, Wakil Ketua DPD RI, Prof. Darmayanti Lubis, Mewakili Menteri Hukum dan HAM RI, Sutrisno, Rektor USU, Prof. DR. Runtung Sitepu, SH MHum, anggota DPR RI, HR Muhammad Syafi’i juga Nurdin Tampubolon,  Sekda Provsu, Ibnu Hutomo, Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, Ketua PP (transisi) IKA USU, Drs Sofyan Raz Ak, MM, Ketua Panita Munas 1 IKA USU, Prof DR Ir Hamidah Harahap, MSc, Majelis Wali Amanat USU, para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan USU, serta sejumlah pengurus IKA Alumni USU di berbagai wilayag dan para alumni USU.

Dikatakan Nurhajizah, Munas 1 IKA USU ini dapat memberikan spirit bagi almameter USU dan diri kita selaku alumni. “Mudah-mudahan siapapun yang terpilih menjadi Ketua IKA USU, kita semua adalah alumni IKA USU yang hebat,” kata Nurhajizah.

Diharapkannya, Munas ini juga dapat memberikan refleksi dan kekuatan kepada USU dan juga kepada Rektor USU untuk menjawab tantangan di masa depan. USU, lanjut Nurhajizah merupakan Lembaga Pendidikan yang dibanggakan masyarakat.

“Saat ini USU baru pertama menggelar Munas 1 IKA USU dan saat ini jumlah alumni sudah mencapai 200 ribu orang yang telah menyebar di seluruh pelosok tanah air dan mancanegara,” ujarnya.

Tentunya lanjut Nurhajizah dengan jumlah alumni yang cukp besar ini harusnya, kita dapat menunjukkan hasil karya yang besar di tengah masyarakat. Dan ini terbukti, bahwa alumni USU sudah banyak berada di segala lini, bukan hanya di Indonesia tapi juga dimancanegara, di instansi pemerintah, wiraswasta dan instansi lainnya.

Dalam kesempatan itu, Nurhajizah juga menyampaikan pesan dari Gubsu, Tengku Erry Nuradi, agar seluruh masyarakat tetap solid, jangan ada saling mengintimidasi terutama menjelang digelarnya Pilgubsu. Sebab, kalau sudah ada intimidasi maka tidak aka nada lagi yang akan berkiprah membangun Sumut.

“Kita mau bebas berpendapat dan berkiprah dan menentukan siapa Gubsu kita untuk 2018. Jadi siapapun yang terpilih dia adalah yang terbaik,” ujar Nurhajizah.

Sementara itu, Rektor USU, Prof. DR Runtung Sitepu, sambil membuka Munas 1 IKA USU, mengatakan  saaat ini USU sudah berusia 65 tahun, tepatnya pada 22 Agustus 2017 lalu, selama ini USU tidak pernah mundur dan tetap maju sejak berdiri hingga saat ini.

“Saat ini peringkat USU sudah berada di peringkat 19, keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan USU pada periode sebelumnya, makanya marilah kita besarkan USU, jangan malah mengkerdilkan USU. Karena kita selalu besar dan peran alumni sangat tinggi untuk membangun USU ini,” kata Runtung sembari mengharapkan agar para alumni dapat memberikan jejaring (networking) terutama dalam hal lapangan kerja untuk lulusan USU.

Selain itu juga membantu memberikan masukan untuk memperbaiki kurikulum, serta diharapkan alumni USU juga melalui jejaringnya dapat membantu membangun USU.

Ketua PP (transisi) IKA USU, Drs Sofyan Raz Ak, MM mengatakan, sejak 60 tahun USU berdiri, baru inilah pertama sekali digelar Munas 1 yang dilakukan IKA USU.

“Saya selalu bilang kepada Rektor, ini adalah sejarah bagi Rektor yang baru.  Sebab, selama saya laksanakan tugas sebagai presidium IKA USU sudah 10 tahun.  Kami senantiasa ditugaskan membentuk IKA USU tapi selalu kandas di tengah jalan. Saya harap kali ini kita bisa membentuk pengurus IKA USU yang pertama sekali,” papar Sofyan.

Ditambahkan, PP IKA USU ini dibentuk berdasarkan surat keputusan Rektor USU berdasarkan Silaknas. Kemudian oleh Rektor USU diminta untuk membentuk IKA USU tapi karena selama ini belum sesuai dengan UU, maka digelarlah silaknas untuk membentuk presidium IKA USU dengan tugas untuk mempersiapkan IKA USU di seluruh provinsi di Indonesia. Kedua melaksanakan kerja strategis untuk tegaknya eksistensi IKA USU.

“Selain itu juga menyempurnakan AD ART dan pedoman organisasi serta menyelenggarakan Munas IKA USU selambatnya tahun 2017, saya pikir ini tidak terlalu terlambatlah kita gelar di awal Januari. Makanya, mari alumni USU kita bangun USU, kita bantu Rektor untuk membangun USU,” kata Sofyan.

Di tempat yang sama, Laporan Ketua Panita Munas 1 IKA USU, Prof DR Ir Hamidah Harahap MSc, mengatakan Munas I ini merupakan hal yang harus dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Rektor USU. Selain itu juga telah ditetapkan bahwa tema Munas 1 IKA USU yakni ‘Merajut Sinergi dalam Kebersamaan Mewujudkan USU yang Bermartabat Menuju Bangsa Pemenang’.

Lebih lanjut dikatakannya, Munas 1 IKA USU ini bertujuan untuk menyempurnakan anggaran dasar IKA USU, pemilihan IKA USU periode 2018- 2023, refleksi perkembangan IKA USU dari tahun 2018 hingga 2023 kemudian sebagai wadah silahturahmi alumni USU.

Munas ini diselenggaran selama tiga hari (12-14/1) yang digelar di Convention Raz Plaza dan Pusat Administrasi USU. Peserta Munas 1 IKA USU ini diikuti 10 wilayah, yakni dari Aceh, DKI Jakarta, Jabar, Banten, Sumbar, Riau, Kepri, Palembang dan Lampung serta diikuti 15 fakultas IKA USU.(wol/rdn/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Foto: Waspada.co.id

Sumut – RRT Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bisnis

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sepakat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.