_
Home / Medan / UNPRI dan Tanoto Foundation Kolaborasi Tingkatkan Capacity Building Dosen
foto: istimewa

UNPRI dan Tanoto Foundation Kolaborasi Tingkatkan Capacity Building Dosen

MEDAN, Waspada.co.id – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) bekerja sama dengan Tanoto Foundation menyelenggarakan Diseminasi Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran bagi para dosen UNPRI pada 8-11 Oktober 2019.

Demikian dikatakan Dekan FKIP UNPRI, Dian Syahfitri, Kamis (17/10) lalu. Dikatakan, peserta dikelompokkan menjadi lima mata pelajaran yakni IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dengan delapan orang per kelompok. Semua sektor termasuk pendidikan mengalami disrupsi karena pesatnya perkembangan teknologi dan artificial intelligence.

“Ini adalah sebuah keniscayaan, dinamika aman yang menuntut kita, terutama para pendidik untuk senantiasa membangun dan meningkatkan kapasitas diri (capacity building),” katanya.

Dian berharap para dosen UNPRI yang mengikuti kegiatan, senang. Karena diseminasi ini adalah bagian dari peningkatan kapasitas diri dan proses pembelajaran untuk kita semua. Dian menambahkan ada enam soft skill yang harus diketahui, yaitu rasa ingin tahu, negosiasi, berpikir kritis, komunikatif, kreatif dan inovatif serta manajemen waktu.

“Menanamkan karakter pada peserta didik sebenarnya melekat pada semua tahapan kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan kata lain hanya dalam praktik baik mengajar, itulah secara gradual karakter tersebut bisa diinternalisasi ke dalam diri peserta didik,” ungkap Dian.

Hal inilah menurutnya yang melatarbelakangi betapa urgentnya kita untuk senantiasa melakukan kontemplasi akademik dan diseminasi pelatihan praktek baik pembelajaran adalah wujud nyata dan usaha kita dalam membangun meningkatkan kapasitas diri.

Diseminasi dibuka Wakil Rektor III Said Rial MA. Dikesempatan itu, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Sumut Yusri Nasution memberikan bimbingan dan arahan kepada para peserta.

Acara pembukaan juga dihadiri Liaison Officer Tanoto Foundation Dr Mardianto MPd. Disela-sela acara itu, Mardianto memberikan beberapa buku karyanya. Dan sebagaimana yang diketahui tiga hari pertama 8-10 Oktober 2019 pelatihan praktik baik bagi dosen FKIP UNPRI dan satu hari terakhir (11 Oktober 2019) training of trainers pelatihan praktik baik pembelajaran bagi dosen FKIP UNPRI.

“Kegiatan ini juga memberikan dampak positif yang lebih luas, hingga mendorong para tenaga pendidik,” katanya seraya menyebut ini merupakan salah satu wujud dari tanggung jawab bersama untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Sumut,” kata Rektor UNPRI, Dr Chrismis Novalinda Ginting SSiT MKes.

Ketua BPH UNPRI, Dr Tommy Leonard SH MKn, Sabtu (19/10), mengaku menyambut baik kegiatan tersebut. Kata tokoh pendidikan Sumut ini, dosen perlu diberikan pelatihan untuk memotivasi peningkatan kualitas mutu pengajaran di kampus.

“Apalagi ke depan nanti, semua dituntut harus mempersiapkan diri dengan baik. Karena tantangan bukan hanya datang dari dalam negeri, melainkan juga luar negeri. Bagaimana kita menghasilkan lulusan yang handal di bidangnya,” bilangnya sekaligus mengatakan kalau kegiatan ini patut diapresiasi sebagai bagian dari usaha untuk pendidikan yang lebih baik.(wol/mrz/data2)

适适

Check Also

Sumbang Perunggu Untuk Sumut, Yuda Risky Sudah Gabung PSMS

MEDAN, Waspada.co.id – Yuda Risky Irawan sudah kembali bergabung dengan rekan-rekannya PSMS Medan, setelah memperkuat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.