Breaking News
Home / Medan / Tuntutan Baru Fotografer di Era Digitalisasi
WOL Photo/Ilham
WOL Photo/Ilham

Tuntutan Baru Fotografer di Era Digitalisasi

MEDAN, WOL – Berbicara media massa  tidak terlepas dari peran kuat sebuah foto (visual) untuk menarik minat khalayak dalam membaca berita. Berangkat dari hal itu, seorang fotographer dituntut memiliki perencanaan matang beserta ide dalam menciptakan sebuah karya foto khususnya foto jurnalistik untuk ditampilkan ke publik.

Rully Kesuma, seorang fotografer senior sekaligus Redaktur Foto Tempo berbagi ilmu seputar foto jurnalistik pada acara Workshop Fotografi bertajuk “Ketika Foto Berbicara” yang digelar Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara di Hotel Polonia Medan, ruang Diponegoro, Jalan Sudirman, Kamis (7/12).

Dalam kesempatan itu, Rully menyampaikan di era digitalisasi seperti saat ini seorang photographer media cetak memiliki tantangan baru dengan hadirnya media online yang mengedepankan kecepatan.

Menurutnya, photographer wajib memiliki perencanaan lebih dan ide untuk menampilkan karya foto jurnalistik agar tetap menarik dan tidak basi untuk dikonsumsi publik.

“Pada media online siapa yang tercepat mengirim foto maka itu yang akan dimuat, dan pada media online gak lama peristiwa terjadi itu sudah bisa kita lihat. Nah di sini untuk foto agar tidak basi dan tetap menarik kita bisa membuat seperti foto story,” ucapnya.

Dia juga menyebutkan, karya foto jurnalistik yang dimuat di media massa tidak terlepas juga dari peran teks yang membuatnya semakin menarik dengan sepenggal penjelasan.

“Teks foto juga sangat berperan untuk menarik khalayak, dan kita juga dituntut untuk membuat itu semenarik mungkin, mau itu foto yang tak terencana maupun tidak,” katanya di depan seluruh peserta yang hadir dari berbagai fotographer dan sejumlah mahasiswa.

Sementara itu, tampak hadir Ketua SPS Sumut, H Farianda Putra Sinik sekaligus membuka dengan memberikan kata sambutan, Mantan Ketua PWI Sumut Muhammad Sharir selaku moderator, dan wartawan dari berbagai media yang berdomisili di Sumut. (wol/iam/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

(foto: Ist)

Jelang Natal dan Tahun Baru, Jalan Mabar Rawan Perampok

MEDAN, WOL – Aksi kejahatan jelang Natal dan Tahun Baru kembali meresahkan warga Kota Medan. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.