_
Home / Medan / Trauma Program E-KTP, Alasan Warga Medan Area Enggan Urus KIA
Ilustrasi KIA

Trauma Program E-KTP, Alasan Warga Medan Area Enggan Urus KIA

MEDAN, Waspada.co.id – Lambannya penyelesaian KTP elektronik membuat warga di Kecamatan Medan Area enggan menanggapi program pemerintah pusat Kartu Identitas Anak (KIA). Hal tersebut ditegaskan Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Medan Area, Izan M Tanjung.

Dikatakan, masyarakat di Medan Area mengaku trauma dengan berlarut-larutnya pendistribusian e-KTP. Sehingga keberadaan kantor camat hanya sebatas perantara bagi masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukan.

“Kantor Camat ini hanya sebagai perantara, hanya menyampaikan berkas ke dinas. Yang mengelola sampai mencetak itu orang dinas. Setelah selesai baru di antar kembali ke kecamatan. Karena kepastian selesai belum bisa ditetapkan, masyarakat jadi enggan untuk menyerahkan berkas,” ungkapnya kepada Waspada Online, Selasa (30/7).

Lebih lanjut Izan menjelaskan, pihaknya juga tidak mengetahui seperti apa para kepling menyampaikan program KIA ini ke masyarakat. Kondisi inilah yang diyakini menjadi indikator ketidaktahuan masyarakat tentang program pemerintah pusat tersebut.

“Kelurahan kan menyerahkan brosur KIA ke kepling. Nah, kita kan sejauh ini tidak mengetahui proses penyampaian kepling ke masyarakat seperti apa,” kilahnya.

Izan menambahkan, masyarakat di Medan Area belum mengetahui pasti apa manfaat dari KIA. Meskipun brosur yang berisikan informasi KIA sudah tersebar. Diduga, hal itu juga menyebabkan masyarakat tidak begitu respect dengan gagasan Kementerian Dalam Negeri tersebut.

“Saya berharap, pihak kelurahan dan kepling cepat, tanggap dan akurat dalam menginformasikan KIA kepada masyarakat,” pungkasnya.(wol/mrz/ryn/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Warga Kelurahan Teladan Barat Belum Ikut Program KIA

MEDAN, Waspada.co.id – Kementerian Dalam Negeri meluncurkan Program Kartu Identitas Anak (KIA). Namun informasi itu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.