Home / Medan / Tim Jahtanras Ringkus 6 Spesialis Pembobol Indomaret
WOL Photo/Lihavez SA

Tim Jahtanras Ringkus 6 Spesialis Pembobol Indomaret

MEDAN, Waspada.co.id – Subdit III/Jahtanras Ditreskrimum Polda Sumateta Utara meringkus enam orang komplotan pencurian spesialis Indomaret dam Alfamart.

Ke enam pelaku yang ditangkap bernama Achmad Rudyanto Marpaung (36) warga Jalan Perjuangan Medan Perjuangan, Reza Mufarady (24) warga Jalan Meteorologi, Kelurahan Indra Kasih Medan Tembung, Juanda Lesmana alias Nanda (26) warga Jalan Jermal 15 Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang.

Kemudian David Prabudi Siahaan (34) warga Jalan Nusa Indah Raya Medan Helvetia, M Fachrulrozi (23) warga Jalan Badur, dan M Dalimunthe (42) warga Jalan Gereja.

Kasubdit III/Jahtanras Ditreskrimum Poldasu, AKBP Maringan Simanjuntak, mengatakan sebelum melakukan aksi, ke enam pelaku datang ke lokasi hiburan malam.

“Setelah keluar dari lokasi hiburan malam, para pelaku mengantarkan dua orang teman wanitanya dengan mengendarai mobil,” katanya, Minggu (9/9).

Selanjutnya, sebut Maringan, dengan mengendarai mobil BK 1433 UG menuju arah Jalan Sisingamangaraja Medan. Saat melintas lewat Poldasu di KM 11, mereka (pelaku) melihat toko alfamart yang sudah tutup.

“Melihat situasi sepi para pelaku menghentikan mobilnya tepat di toko alfamart itu dan melancarkan aksinya para pelaku berhasil masuk dan mengambil barang-barang hasil curian dari toko itu,” jelasnya.

Namun saat akan kabur, petugas kepolisian curiga melihat keberadaan mobil yang terparkir. “Ternyata kecurigaan petugas benar, ternyata mobil itu milik para pelaku pencurian. Di situ para pelaku diringkus beserta barang bukti,” terang Maringan.

Setelah menjalani pemeriksaan, para pelaku juga pernah beraksi di toko indomaret yang berada di Jalan Dusun IV Delitua pada 30 Juli 2018. “Kemudian kita menangkap penadahnya atas nama M Dalimunthe,” jawab dia.

Menurut Maringan, para komplotan pencuri spesial alfamar/indomaret ini sudah lebih dua kali beraksi. “Kita menduga mereka (pelaku) ini sudah spesialis. Kita mendapatkan data ada 11 laporan pemilik alfamar/indomaret yang membuat pengaduan di kepolisian. Kita menduga pelakunya yang sama, tapi masih kita periksa lagi,” terangnya.

Selain para pelaku, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa kunci Y, 4 batang besi yang sudah dimodifikasi, tang, obeng, linggis, kunci pas dan mobil BK 1433 UG. Para pelaku sendiri dikenakan pasal 363 ayat 1 dan ayat 2 KUHP serta pasal 480 KUHP. (wol/lvz/data1)
Editor: Agus Utama

Check Also

AS Resmi Sebut Militer Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis

WASHINGTON, WOL – Amerika Serikat resmi menyebut operasi militer Myanmar terhadap warga Rohingya sebagai “pembersihan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: