Breaking News
Home / Medan / Terdakwa Penyebar Berita Bohong di facebook Sidang
WOL Photo/Ilham
WOL Photo/Ilham

Terdakwa Penyebar Berita Bohong di facebook Sidang

MEDAN, WOL – Terdakwa penyebar berita hoax di facebook yang ditangkap Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu), Surya Hardyanto, jalani sidang agenda pembacaan dakwaan di di Ruang Cakra 1, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (4/10).

Adapun Dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Marina Surbakti,  terdakwa Surya Hardyanto pada (1/7) lalu, Poldasu melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya tindak pidana penyebaran berita bohong di facebook dengan kalimat, “sedikit informasi saja, kebetulan rumah orang tua saya tidak jauh dr mapolda sumut, sy dpt kabar bahwa peristiwa di mapolda itu karena masalah utang piutang.dan pembunuh dan korban sama-sama non muslim,warga di sekitar mapolda saja heran, kenapa berita di tv jadi terkait masalah teroris,,waallahu a’lam”.

“Dan dari penelusuran polisi, diketahui akun tersebut merupakan milik terdakwa Surya Hardyanto,” ucapnya di persidangan yang diketuai Hakim Sri Wahyuni SH MH.

Lebih lanjut, JPU dalam bacaan dakwaannya, menyatakan perbuatan terdakwa Surya Hardianto diancam pidana dalam Pasal 48 ayat (2) UU RI No 19 tahun 2016 Tentang ITE dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

“Adapun barang bukti berupa screen shoot percakapan dan postingan berita terdakwa,” ujar JPU Marina.

Sementara itu, setelah mendengarkan semua dakwaan, hakim ketua Sri Wahyuni menutup sidang dan akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.

Perlu diketahui, terdakwa Surya Hardyanto ditangkap setelah menyebarkan berita bohong terhadap peristiwa penyerangan pos jaga Mapolda Sumut yang menewaskan satu personil kepolisian. Jelas-jelas pihak Poldasu mengeluarkan press release bahwa itu merupakan tindakan terorisme.(wol/iam/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

10 Tokoh Kota Medan Bertarung di Ajang MMIA 2017

MEDAN, WOL – Bermacam cara dilakukan untuk mengangkat tokoh-tokoh muda berprestasi dari berbagai bidang, seperti ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.