Home / Medan / Tahun Depan Medan Utara Miliki Rumah Sakit Tipe C
WOL Photo

Tahun Depan Medan Utara Miliki Rumah Sakit Tipe C

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Tipe C di Jalan KL Yos Sudarso Km 19, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (19/9).

Kehadiran rumah sakit ini nantinya diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama bagi warga yang bermukim di kawasan Medan bagian Utara. Di samping itu untuk mengurangi membludaknya pasien di RSUD dr Pirngadi Medan, sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan dapat lebih maksimal.

Dikatakan Wali Kota, Rumah Sakit (RS) Tipe C ini direncanakan akan dibangun 8 lantai dengan dilengkapi dua buah lift, basement dan ruang parkir yang cukup memadai dengan total luas bangunan sekitar 13.539 M2. Waktu pengerjaan ditaksir selama 560 hari kalender dengan menggunakan dana APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018/2019.

“Dengan peletakan batu pertama ini, pembangunan Rumah Sakit Tipe C dimulai. Insya Allah pembangunannya selesai tahun depan (2019). Kehadiran rumah sakit ini nantinya kita harapkan dapat menampungh pelayanan kesehatan masyarakat Kota Medan, khususnya wilayah utara Kota Medan,” kata Wali Kota.

Pembangunan Rumah Sakit Tipe C, tegas Wali Kota, sebagai salah satu wujud komitmen Pemko Medan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sebab, kesehatan merupakan bagian penting karena terkait dengan peningkatan kualitas, harkat dan martabat masyarakat dalam kerangka pembangunan secara keseluruhan.

Oleh karenanya kehadiran Rumah Sakit Tipe C ini nantinya, jelas Wali Kota, dapat memperluas pendekatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekaligus percepatan pembangunan di wilayah utara Kota Medan.

“Selain itu pembangunan rumah sakit ini dilakukan sebagai upaya mengurangi membludaknya pasien yang berobat di RSUD Dr Pirngadi, sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan dapat lebih maksimal,” jelasnya.

Sebelumnya Kadis DPKP2R Kota Medan, Sampurno Pohan, dalam laporannya memaparkan, pembangunan Rumah Sakit Tipe C dilakukan dalam rangka mewujudkan program Medan Rumah Kita yang merupakan visi dan misi Wali Kota yakni memberikan pelayanan kesehatan yang murah, terjangkau dan dekat dengan kawasan rumah penduduk.

Menurut Sampurno, Rumah Sakit Tipe C nanti akan diarahkan melayani masyarakat yang bermukim di 4 kecamatan Medan bagian Utara yakni Kecamatan Medan Labuhan, Medan Deli, Medan Marelan, dan Medan Belawan. Dia menjelaskan, Rumah Sakit Tipe C akan dibangun di atas lahan seluas 8.128,08 M2 yang dulunya merupakan eks Puskesmas Pekan Labuhan setelah dilakukan perluasan.

“Pembangunan Rumah Sakit Tipe C akan kita lakukan dengan sebaik mungkin dan menjadi tepat pelayanan kesehatan yang benar-benar representatif. Intuk pembangunannya kita lakukan dengan disain dan konstruksi terbaik,” tukas Sampurno.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Latih KPPS, KPU Medan Minta Dukungan Wali Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mendukung penuh kegiatan Pelatihan Kelompok Penyelenggara Pemungutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: