Home / Medan / Table Manners Tingkatkan Kualitas Mahasiswa
WOL Photo/Ega Ibra

Table Manners Tingkatkan Kualitas Mahasiswa

MEDAN, Waspada.co.id – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan terus meningkatkan kualitas dan wawasan para mahasiswanya. Salah satunya dengan praktik Table Manners di Hotel Emerald Garden, Rabu (4/7) lalu.

Pantauan Waspada Online, mahasiswa yang mengambil mata kuliah Protokoler ini diwajibkan mendandani diri dengan pakaian resmi berupa jas, gaun atau busana daerah. Pakaian tersebut memang menjadi salah satu syarat utama praktik table manners di STIK-P.

Layaknya akan menghadiri jamuan makan malam resmi, para mahasiswa memasuki Merbau Room disambut pasangan yang dinobatkan sebagai ‘tuan rumah’. Dalam praktik itu, mahasiswa mendapat pengetahuan seputar cara menggunakan alat makan dalam suasana jamuan resmi.

Tak hanya itu, menu-menu jamuan resmi juga turut diperkenalkan seperti appetizer (makanan pembuka), salad, soup, palate cleansers (pencuci mulut), main course (makanan utama), dan dessert (makanan penutup).

Mahasiswa juga diperkenalkan jenis jamuan di antaranya breakfast, brunch buffet, buffet lunch/dinner serta business cocktails. Mewakili Hotel Emerald Garden, Rustam menjelaskan bahwa table manners merupakan etika seseorang saat berada di meja makan yang biasanya dilakukan untuk acara-acara formal.

“Table manners banyak digunakan oleh beberapa negara di dunia dengan cara masing-masing dari setiap negara, dan juga sering sekali digunakan oleh berbagai kalangan umum. Awalnya, table manners dijadikan ajang perkenalan dan membangun hubungan kemitraan bisnis dengan investor oleh Raja Louis dari Prancis,” tuturnya.

Kegiatan ini, kata Rustam, juga sangat penting buat semua kalangan, karena banyak hal yang bisa didapat, terutama dalam menjaga etika seseorang saat berada di meja makan. Bagi STIK-P, table manners wajib dipahami mahasiswa agar mereka sudah siap bila berada dalam situasi tersebut.

“Bagi para praktisi PR maupun jurnalis, mereka wajib paham table manners. Toh, mereka juga akan dijamu secara resmi sesekali saat meliput suatu peristiwa. Bisa juga suatu saat salah satu di antara para lulusan menjadi pejabat atau diundang tamu luar negeri. Jadi ini penting bagi mahasiswa STIK-P,” ujar dosen pengajar Protokoler, Hj Ida Tumengkol BComm MHum. (wol/at/data2)

Editor: M AGUS UTAMA

Check Also

Sigap Tangani Keadaan Darurat, Pertamina Simulasi OKD Bagi Pekerja

MEDAN, Waspada.co.id – Sigap Tangani keadaan darurat, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melalui Terminal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: