_
Home / Fokus Redaksi / Sumut Aman, Tak Perlu Pati Polri dan TNI Jabat Pj
WOL Ilustrasi

Sumut Aman, Tak Perlu Pati Polri dan TNI Jabat Pj

MEDAN, WOL – Wacana Mendagri Tjahjo Kumolo menempatkan seorang Pati (Perwira Tinggi, red) Polri dan TNI untuk menjabat Pj Gubernur di daerah yang tengah melaksanakan Pilkada khususnya Provinsi Sumut, terus mendapatkan sorotan dari berbagai kalangan. Salah satunya datang dari aktivis Molekul Pancasila asal Sumut, Nico Silalahi.

Menurutnya, Tjahjo Kumolo telah melampaui kewenangannya sebagai pembantu presiden. Ia tidak berhak menentukan sendiri siapa yang bakal menjadi Plt Gubernur Sumut jelang Pilkada dan pasca masa transisi berlangsung.

“Kalau Provinsi Sumut di kategorikan rawan sengketa Pilkada, tak perlulah menempatkan Pati Polri dan TNI untuk menjabat Plt Gubsu. Masih banyak pejabat eselon yang mampu untuk mengemban jabatan itu. Mendagri harus tahu aturan lah, jangan asal nyebut aja,” ketusnya, Sabtu (27/1).

Nico menambahkan, sampai dengan saat ini Polri masih di bawah komando Presiden, bukan salah satu kementerian. Jadi, alangkah naif-nya jika seorang menteri Jokowi mencoba menguasai panggung.

“Ada ketakutan yang luar biasa di rezim pemerintahan sekarang ini. Di mana pemerintahan Jokowi-JK menganggap daerah rawan konflik sengketa Pilkada harus benar-benar diawasi. Sumut masih aman bos! Dan diduga, wacana Mendagri itu untuk pengkondisian massa calon tertentu yang diusung partainya,” sindirnya.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku wacana penempatan Pati Polri dan TNI sebagai Plt Gubernur sudah melalui mekanisme dan aturan seperti berkonsultasi dengan Kapolri dan Pangab. Setelah itu baru disampaikan langsung kepada presiden.

Menurut Tjahjo, dirinya tidak melanggar undang undang ataupun aturan. Sampai dengan saat ini wacana tersebut masih bergulir, hanya tinggal menunggu keputusan yang bijaksana dari seorang pemimpin negara.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Mendagri: Perekaman e-KTP Sudah Rampung 98 Persen

  JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meyakini bahwa pihaknya konsiten dalam melakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: