Breaking News
Home / Fokus Redaksi / “Sudah Tidak Zamannya Lagi Buruh Lakukan Aksi Turun ke Jalan”
WOL Photo/M Rizki
WOL Photo/M Rizki

“Sudah Tidak Zamannya Lagi Buruh Lakukan Aksi Turun ke Jalan”

MEDAN, WOL – Ketua Panitia Penyelenggara Hari Buruh di Gelanggang Remaja Medan yang tergabung dalam Gabungan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Indonesia (GABSI), Usaha Tarigan, menjelaskan sudah tidak zamannya lagi buruh melakukan aksi turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi buruh.

Diyakini, apa yang menjadi tuntutan kaum buruh dapat disampaikan melalui dialog, sebab kaum buruh saat ini lebih mengedepankan musyawarah/mufakat.

“Pernyampaian aspirasi melalui dialog lebih simpatik, elegan dan bermartabat. Karena melalui cara ini tidak ada yang dirugikan, terutama para stakeholder maupun pengusaha. Di samping itu cara dialog ini lebih efektif dan cepat diterima dibandingkan menyampaikan aspirasi dengan turun ke jalan,” jelasnya, Senin (1/5).

Peringatan Hari Buruh yang dipusatkan di Gelanggang Remaja diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hening cipta. Setelah itu 18 pemimpin serikat pekerja/serikat buruh menyampaikan 5 butir pernyataan sikap yang dibacakan Usaha Tarigan. Adapun isi kelima butir pernyataan diakp itu yakni cabut Peraturan Pemerintah No.78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Kemudian, tertibkan sistem kerja harian lepas, borongan, kontrak dan outsourching. Lalu, cabut gugatan APINDO terkait UMK dan UMK/UMSK Kota Medan 2017 di PTUN Medan. Selanjutnya, buat peraturan daerah (Perda) Kota Medan tentang ketenagakerjaan, serta tegakkan hukum ketenagakerjaan di Kota Medan.

Usai membacakan kelima butir pernyataan sikap, Usaha selanjutnya menyerahkannya kepada Wali Kota didampingi Wakil Wali kota bersama unsur FKPD kota Medan. Para buruh berharap agar kelima butir pernyataan sikap itu segera ditindaklanjuti.

Setelah itu Wali Kota memberikan paket sembako secara simbolis kepada 18 pemimpin serikat pekerja/buruh dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi bakti sosial berupa donor darah dan pemeriksaan kesehatan yang berada di sebelah kiri pintu masuk Gelanggang remaja.

Sebelumnya, para buruh berjoget bersama dengan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin. Dalam keterangannya, orang nomor satu di Kota Medan ini berjanji akan memberikan tempat kepada buruh setiap menyampaikan aspirasinya dan mendengarkan seluruh masukan dari para buruh demi mensejahterakan kaum buruh.

“Insya Allah saya dan Pemko Medan adalah sahabat kaum buruh yang siap mendengarkan keluhan dan mencarikan solusi terbaik,” kata Eldin. (wol/mrz/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo

Pengendara Motor Ditangkap Bawa Sabu

MEDAN, WOL – Fransisko Pakpahan (24) ditangkap personil Polsek Patumbak karena kedapatan membawa sabu. Pria ...

  • Febti Arsen

    …..join yuk di P0K3RV1TA D.8.E.B.7.E.6.B……

  • Febti Arsen

    ,,,,,,,DAPATKAN UANG di P`0`K`E`R`V`1`T`A
    join SEKARANG D.8.E.B.7.E.6.B ,,,,,,,,

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.