_
Home / Medan / Sosialisasikan Perda Kemiskinan, Jangga Siregar Minta Pemko Peka
WOL Photo

Sosialisasikan Perda Kemiskinan, Jangga Siregar Minta Pemko Peka

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan, Jangga Siregar SH, mendesak Pemko Medan untuk lebih peduli (peka), sigap, dan berbenah dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Medan dengan memberdayakan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Medan.

Hal ini ia sampaikan saat melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, Selasa (25/12) kemarin.

Perda tersebut, katanya, jelas telah mengamanahkan kepada Pemko Medan untuk dapat memberikan jaminan dalam bentuk program bantuan pangan, bantuan kesehatan, bantuan pendidikan, bantuan perumahan, bantuan peningkatan keterampilan, bantuan modal usaha dan bantuan perlindungan rasa aman.

“Pemko Medan seyogianya melakukan program tepat guna agar masyarakat miskin cepat tertanggulangi sebelum lahir orang miskin baru,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, warga Kelurahan Belawan Sicanang, Annisa (42), mengeluhkan kondisi layanan air PDAM yang sangat jorok, bau dan tidak layak konsumsi. Sampai dengan saat ini tidak ada itikad baik dari pihak PDAM untuk memperbaiki. “Kami juga minta Jembatan Titi II Sicanang segera cepat diselesaikan, supaya mudah beraktivitas,” pintanya.

Menyikapi keluhan itu, Jangga Siregar SH yang duduk di Komisi C DPRD Medan ini menyangkan sikap kurang peduli Pemko Medan terhadap apa yang menimpa warga Sicanang. Tidak hanya menyoal rusaknya jembatan, layanan kesehatan berupa BPJS Kesehatan pun belum semuanya dapat di akses oleh masyarakat miskin, khususnya eks penderita Kusta.

Di mana ada ratusan masyarakat eks penderita penyakit kusta terlantar, akibat tidak adanya alokasi anggaran pengobatan dari Dinas Kesehatan Sumut sejak 3 tahun silam. Pemko Medan hanya menjadi penonton, ketika warganya menuntut haknya ke Dinas Kesehatan Sumut.

“Masyarakat miskin berkewajiban untuk mendapatkan akses air minum yang layak dan layanan kesehatan yang memadai. Tentu, saya berkewajiban mendorong Pemko Medan untuk lebih peduli dengan persoalan kemiskinan, dengan melakukan pelatihan keterampilan, membangkitkan ekonomi kreatif dan lain-lain,” tutupnya.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Jangga Siregar Desak Pemko Maksimalkan Perda Penanggulangan Kemiskinan

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan, Jangga Siregar, menyayangkan kurang maksimalnya Pemko Medan menerapkan Perda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.