Home / Medan / Sopir Angkutan Online Demo Kantor Gubsu
WOL Photo/Ilham
WOL Photo/Ilham

Sopir Angkutan Online Demo Kantor Gubsu

MEDAN, WOL – Sopir angkutan berbasis aplikasi online yang tergabung dalam Asosiasi Transportasi Online (ATO) unjuk rasa di depan kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Diponegoro, menuntut penolakan penerapan Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017, Rabu (14/2).

Dalam orasinya, ATO mendesak Gubsu untuk segera mencabut peraturan tersebut. Massa aksi sopir angkutan berbasis online ini menilai kebijakan itu masih ilegal.

“Apabila Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengeluarkan aturan pelaksanaan Permen 108, maka itu cacat hukum, ilegal dan belum menjadi aturan yang mengikat,” teriak Wakil Ketua ATO, Julianus Sembiring.

Julianus juga menyuarakan aspirasinya terhadap Permen Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017, yang belum berkekuatan hukum. Hal itu ditenggarainya lantaran peraturan tersebut saat ini masih dalam tahap uji materi di Mahkamah Agung (MA).

“Permen 108 belum berlaku karena hakim MA sedang menilai materi muatannya. Artinya masih ada proses penilaian dan belum ditetapkan sebagai peraturan perundang-undangan untuk dipatuhi oleh warga negara Indonesia,” sautnya.

Selain itu, massa aksi juga mengecam pernyataan Wali Kota Medan yang akan mencabut Surat Izin Mengemudi (SIM) sopir transportasi online didasari Permen tersebut.

“SIM adalah kebijakan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) serta tidak dibenarkan jika Wali Kota dapat mencabut status SIM setiap warga negara karena tidak memiliki dasar payung hukum yang jelas,” tukas Julianus.

Pantauan Waspada Online, jalannya aksi berjalan aman dan kondusif serta dijaga beberapa aparat kepolisian. Sementara itu arus lalu lintas terlihat padat lancar walaupun sempat beberapa saat mengalami kemacatan.(wol/iam/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Agustus Mendatang, Pagelaran Budaya Melayu Akan Warnai Milad Istana Maimun

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk mendorong dan meningkatkan pariwisata di Kota Medan, Agustus mendatang pagelaran budaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.