Home / Medan / Soal Larangan Main Hp dan Merokok, Ini Kata Pengemudi Online Medan
pengemudi Grab, Husein dan pengemudi Gojek, Sandi. (kanan)

Soal Larangan Main Hp dan Merokok, Ini Kata Pengemudi Online Medan

MEDAN, WOL – Meskipun Polrestabes Medan belum menerapkan Pasal 283 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang melarang pengendara menggunakan handphone dan merokok, namun wacana tersebut mendapat aksi beragam dari para pengemudi ojek online (ojol) yang beroperasi di Kota Medan.

Seperti pengakuan pengemudi Ojol Grab, Husein, mendukung penuh kebijakan tersebut. Sebab jika merokok dan mendengarkan musik dapat mengganggu kenyamanan penumpang. Lagi pula kebijakan itu berkaitan dengan keselamatan si pengendara dan penumpangnya.

“Tapi kalau larangan main handphone (hp), saya kurang setuju bang. Kan kami harus pantau orderan malalui hp,” ungkap pria yang ditemui di Jalan M Yakub, Senin (5/3).

Sementara itu pengemudi Ojol Gojek yang ditemui di seputaran Plaza Medan Fair, Sandi, secara tegas menolak kebijakan itu. Sebab hp adalah satu-satunya alat untuk berkomunikasi antara dirinya dengan konsumen.

Meskipun tujuan peraturan tersebut untuk menertibkan pengendara dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, tapi baginya denda yang diberikan pada para pelanggar terlalu besar.

“Pengendara akan didenda sebesar Rp750 ribu dan kurungan penjara selama 3 bulan itu berlebihan bang, lebay,” ketusnya.

Pada berita sebelumnya, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, mengaku belum menerapkan kebijakan yang telah berlaku di Polda Metro Jaya untuk diterapkan di Kota Medan. Hingga saat ini, jikapun ada ditemukan pengendara menggunakan hp untuk mendengarkan musik maupun merokok, Satlantas Polrestabes Medan belum memberikan sangsi apapun.

“Belum ada instruksinya. Itu, masih di Polda Metro Jaya,” timpal Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP M Saleh.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tipiter Polrestabes Ungkap Penjualan 14 Ekor Kakatua dan 25 Nuri Tanpa Izin

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Sat Reskrim Polrestabes Medan mengungkap penjualan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: