Home / Medan / Skill Mahasiswa Selalu Jadi Parameter
WOL Photo/Ega Ibra

Skill Mahasiswa Selalu Jadi Parameter

MEDAN, Waspada.co.id – Bekal pengetahuan seorang mahasiswa tak melulu didapatkan di kampus. Terjun ke lapangan untuk mengaplikasikan ilmu juga sebuah keharusan untuk menjadi mahasiswa yang memiliki kompetensi di dunia kerja kelak.

Terlebih di era milineal sekarang ini, skill selalu jadi parameter utama perusahaan menerima seorang karyawan. Karena itu, pengaplikasian ilmu perlu diterapkan selama jenjang perkuliahan. Seiring keinginan itu, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembanguan” (STIK-P) Medan selalu membekali mahasiswamya dengan kemampuan teoritis dan praktis.

Tepat Rabu (18/7) lalu, kampus yang didirikan Hj Ani Idrus itu melepas 23 mahasiswa yang akan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Para mahasiswa terbagi atas jurusan Jurnalistik, Broadcasting, dan Public Relations.

“Kegiatan PKL ini merupakan agenda rutin bidang akademik yang dilakukan setiap tahun karena juga kurikulum wajib di STIK-P. Setiap mahasiswa akan terjun langsung ke lokasi pilihannya sesuai jurusan yang didalaminya. Mereka akan menimba ilmu di lokasi itu dan mengaplikasikan teori dari mata kuliah yang mereka pelajari,” kata Ketua STIK-P, Dr H Sakhyan Asmara MSP.

Sakhyan menambahkan PKL ini juga nantinya akan membiasakan diri mahasiswa untuk hidup di dunia kerja yang sebenarnya. Merasakan realitas sosial yang akan dihadapinya di kemudian hari begitu tamat studi dari STIK-P.

“Setelah tamat nanti, kami berharap mahasiswa memiliki keterampilan serta ilmu yang betul betul melekat pada diri mereka agar nantinya dapat diaplikasikan di dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan PKL ini tentunya akan mendatangkan begitu banyak manfaat bagi peserta yang mengikutinya,” ungkap Sakhyan lagi.

Astri Kartika, mahasiswa jurnalistik, mengungkapkan dirinya sudah tidak sabar untuk praktik lapangan. Pasalnya, Astri dan rekannya akan PKL di Kompas TV Medan. Alasan memilih Kompas TV karena ingin mendalami pengetahuannya tentang jurnalistik televisi.

Selain Kompas TV, mahasiswa jurnalistik akan praktik di Metro TV, Harian Medan Bisnis, dan Waspada Online, Peserta jurusan Broadcasting praktik di Metro TV, sedangkan PR terbagi di PT Pertamina, Hotel Prime Plaza, Bank Sumut, dan XL Axiata. (wol/at/data1)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Garuda Indonesia Akan Terbangkan 8.466 Calon Haji 2018

MEDAN, Waspada.co.id – Memasuki musim haji, Garuda Indonesia akan terbangkan 8.466 calon jemaah haji Tahun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: