_
Home / Medan / Seribuan Warga Karo Hadiri Kerja Tahun Merdang Merdem Kota Medan
WOL Photo

Seribuan Warga Karo Hadiri Kerja Tahun Merdang Merdem Kota Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Seribuan warga Karo dari seluruh penjuru Kota Medan menghadiri acara Kerja Tahun Merdang Merdem Kota Medan 2019 yang digelar di halaman Medan Club, Jumat (26/7) malam.

Event yang diinisiasi Dinas Kebudayaan Kota Medan dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-429 Kota Medan. Melalui kegiatan ini, warga Karo, terutama generasi mudanya untuk terus menjaga dan melestarikan kekayaan seni dan budaya yang telah diwariskan para leluhur tersebut.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang menghadiri acara Kerja Tahun Merdang Merdem tersebut. Selain mengapreasi digelarnya kegiatan yang sarat dengan nuansa seni dan budaya Karo, Wakil Wali Kota juga ikut landek (menari) bersama tokoh masyarakat Karo.

Sebagai bentuk penghormatan kepada Wakil Wali Kota yang telah meluangkan waktu menghadiri acara tersebut, Serta Ginting selaku tokoh masyarakat Karo menyelempangkan uis beka buluh (kain adat sebagai simbol wibawa dan kebesaran pria Karo) dan memakaikan bulang-bulang (penutup kepala pria khas Karo) kepada orang nomor dua di Pemko Medan tersebut.

Saat menyampaikan sambutan, Wakil Wali Kota mengatakan, meski pertunjukan seni dan budaya yang ditampilkan ini dikemas dengan nuansa etnis Karo bukan berarti acara Kerja Tahun Merdang Merdam ini hanya milik masyarakat Karo saja, melainkan juga milik seluruh masyarakat Kota Medan. Sebab, warga Kota Medan merupakan masyarakat yang multikultural karena terdiri dari berbagai etnis.

Sekaitan itulah Wakil Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Medan, terutama etnis Karo yang hadir dalam acara tersebut agar senantiasa menjaga dan melestarikan seluruh seni dan budaya yang ada di Kota Medan. “Mari kita jadikan momentum ini untuk menjaga menjaga kekayaan seni dan budaya yang kita miliki, sebab budaya menunjukkan jati diri kita,” ajak Wakil Wali Kota.

Kadis Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi dalam laporannya menjelaskan, tujuan diselenggarakanya acara Kerja Tahun Merdang Merdam dalam rangka pelestarian keragaman budaya yang diseleraskan dengan pengelolaan kekayaan budaya, sekaligus mengenang sosok Guru Patimpus yang merupakan pendiri kota Medan.

“Selain itu kegiatan yang kita gelar ini sebagai bentuk wujud komitmen dan upaya Pemko Medan dalam melestarikan budaya Karo. Dengan demikian seni dan budaya Karo dapat dilestarikan sampai ke anak cucu,” jelas OK Zulfi. (wol/mrz/data1)

Editor: Sastroy Bangun

Check Also

Tingkatkan Pariwisata, Wagubsu Fokus Perbaiki Infrastruktur Jalan

Semelir, Waspada.co.id – Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara, Wakil Gubernur Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.