_
Home / Medan / Seribuan Relawan Sidarta Pelawi Ikuti Pelatihan RMA dan Basic Leadership
WOL Photo

Seribuan Relawan Sidarta Pelawi Ikuti Pelatihan RMA dan Basic Leadership

MEDAN, Waspada.co.id – Seribuan relawan Guru Patimpus Pelawi For Medan (GPPFM), Demi Anak Generasi (DAG) dan Patimpus Peduli Kota Medan (PPKM) mengikuti pelatihan modul RMA & Basic Leadership, Minggu (20/10) lalu, di Gedung Pancasila USU Medan.

Pelatihan itu menghadirkan narasumber yang berstatus pembicara tingkat Asean, Sidarta S Pelawi MBA. Panitia acara Syamsul Rizal Damanik dan Sekretaris Evani Hareva mengemas acara dengan apik.

Dimulai dengan pembukaan oleh pendiri GPPFM kemudian dilanjutkan dengan pelatihan yang dibawakan Sidarta dengan topik Pentingnya Pengembangan SDM, Vaccination Program Module RMA, Training Program Modul Leadership Skill, Strategy GPPFM dan PPKM 2020, SWOT Analisis dan Rangkuman training.

Dalam pemaparannya, Sidarta yang merupakan cucu pendiri Kota Medan, Guru Patimpus Pelawi itu mengatakan tidak ada negara maju kalau pemimpinnya tidak bisa mengelola negara dan Sumber Daya Manusia (SDM) serta Sumber Daya Alam (SDA) yang ada. “Perlu adanya pengelolaan yang profesional agar rakyat bisa sejahtera,” ujar putra Karo yang pertama menerbangkan pesawat bersama BJ Habibi itu seraya mengatakan pengelolaan itu di antaranya SDM, SDA dan sumber keuangan yang ada.

Disebutkannya, pola pikir manusia akan menentukan dunianya. Cara fikir Thomas Alfa Edison yang dianggap gila awalnya, ternyata bisa mengubah dunia menjadi terang pada malam hari dengan menemukan bola lampu. Begitu juga cara berfikir wright brother, penemu pesawat terbang. Awalnya juga dianggap tidak mungkin. Keduanya berfikir bisa terbang seperti burung. Dan hasilnya, mereka bisa membuat pesawat terbang, ujar Sidarta lagi seraya menyebutkan kalau mau maju harus selalu berfikir positif. Kalau mau sukses, berkumpullah dengan orang yang berfikiran positif.

“Selain itu, untuk menjadi pemimpin harus memiliki sejumlah keberanian. Keberanian seperti api yang berani membakar sampah-sampah korupsi, seperti sungai yang mengalir dan menyuburkan tanaman di sekitarnya, seperti matahari yang bermanfaat bagi orang lain dan seperti bulan yang enak dipandang, disenangi orang lain, lemah lembut dan ada kasih sayang,” katanya.

Untuk organisasi, Sidarta Pelawi mengingatkan para Koordinator Kecamatan (Korcam) harus bisa memenangkan hati rakyat dan berani mengumpulkan anggota hingga 120 ribu orang sampai Februari tahun depan. Salah satu caranya adalah mengembangkan rumus 3R yaitu relawan rekrut relawan. Ilmu yang didapatkan, dibawa pulang dan diterapkan untuk kemajuan secara pribadi dan organisasi.

Sementara itu Dir Ops PPKM Parulian Silitonga SH dalam sambutannya mengatakan melihat kondisi Kota Medan saat ini, sudah 3 pemimpinnya yang menghuni hotel prodeo. Hal itu karena ketidakmampuannya membangun kota ini. Saat ini ada cucu sang Founding Father Kota Medan maju, harusnya didukung agar Medan menjadi lebih baik lagi.

Sedangkan Dir Ops GPPFM Harianta Sembiring S.Sos dalam sambutannya mengatakan, walau tidak sedarah, kita adalah saudara. Harus ada semangat dalam membangun Kota Medan ke depannya. Banyak orang Medan yang sukses tapi tidak ada niatnya membangun kota ini. Sidarta sudah menyatakan keterpanggilannya membangun Kota Medan dan sudah sepantasnya didukung.

Pemimpin DAG, Hardiman Sinaga dalam kesempatan itu mencetuskan, Kota Medan saat ini butuh pemimpin yang mampu dan mau membangun. Masyarakat harus mampu memilih calon yang mampu, bukan berdasarkan suka atau tidak suka. Mudah-mudahan Sidarta bisa maju menjadi Wali Kota karena Medan butuh perubahan.

Masyarakat juga harus bisa mengubah pola pikirnya agar bisa mendapatkan pemimpin Kota Medan yang mampu dan tidak korupsi. Di akhir acara, panitia membagikan sertifikat kepada para peserta yang bisa digunakan untuk mencari kerja, bukan hanya di Medan dan Indonesia, namun juga di wilayah Asean.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

Daftar ke Nasdem, Akhyar Nasution Minta Dukungan Anak Abdillah

MEDAN, Waspada.co.id – Pasca dibukanya pendaftaran secara resmi oleh Partai Nasdem beberapa waktu lalu, baru ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.