Home / Medan / Sepekan Mau Lebaran, Loket Penukaran Uang Pecah ‘Diserbu’ Warga
WOL Photo/eko kurniawan

Sepekan Mau Lebaran, Loket Penukaran Uang Pecah ‘Diserbu’ Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Sepekan menuju Hari Raya Idul Fitri 1439 H, loket penukaran uang pecahan kecil (UPK) terus dipadati warga di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (7/6).

Sejumlah 11 loket penukaran disediakan oleh Bank Indonesia yang bekerja sama dengan 10 bank lainnya. Loket dibuka sejak 28 Mei lalu dan hari ini jadwal terakhir penukaran.

“Kita menyediakan penukaran uang pecahan kecil untuk masyarakat di Lapangan Benteng Medan sejak pukul 08.30 WIB sampai 13.00 WIB. Antusiasnya sangat bagus, karena memang kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil saat lebaran sangat meningkat,” tutur Kepala Bank Indonesia, Arief Budi Santoso saat memantau aktivitas penukaran uang pecahan di lapangan Benteng Medan.

Tahun ini, masyarakat bisa melakukan penukaran uang pecahan dengan total Rp5,6 juta per orangnya per hari. Nilai tersebut mengalami kenaikan dari sebelumnya yang hanya Rp3,7 juta per orang, bisa dilakukan dua kali dengan hari yang berbeda.

“Rp5,6 juta para penukar mendapatkan rincian uang pecahan yaitu Rp20 ribu satu pack, Rp10 ribu dua pack, Rp5 ribu satu pack, dan Rp2.000 tiga pack,” jelasnya.

Untuk penukaran uang pecahan kecil tersebut, Bank Indonesia juga melibatkan 10 bank dan menyediakan sekitar 54 tempat penukaran yang tersebar di beberapa lokasi dan kantor bank.

“Sampai saat ini, total uang yang telah ditukarkan untuk di Lapangan Benteng sebanyak Rp14,1 miliar, pasar tradisioal Rp1,1 miliar, loket bank umum Rp215,6 miliar dan BPR sebesar Rp3,5 miliar,” ungkap Arief.

“Dan berdasarkan tinjauan, masyarakat yang datang ke sini, banyak yang menukarkan uang pecahan Rp10 ribu Rp5000 dan Rp2000, untuk pecahan Rp20.000 tidak terlalu banyak peminat,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

 

Check Also

Poldasu Tegaskan Stok Daging Segar Aman di Pasar

MEDAN, Waspada.co.id – Kepolisian Daerah Sumatera Utara tegaskan stok daging menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.