Home / Medan / Semua Pihak Harus Sadar Bahaya Hoax
WOL Photo/Hardi
WOL Photo/Hardi

Semua Pihak Harus Sadar Bahaya Hoax

MEDAN, Waspada.co.id – Ikatan Alumni Magister Universitas Muhammadiah Sumatera Utara (IMAMIKOM-UMSU) dan DIFUSI menggelar kegiatan Forum Group Discussion di Peacock Room Garuda Plaza Hotel, Medan, Senin (14/5).

Diskusi membahas tentang Foto Hoax di Era Digitalisasi dengan menghadirkan pembicara, antara lain Ferdy Siregar, Shohibul Anshor, dan Sugiat Santoso. Kepada audiens, Ferdy selaku fotografer profesional menjelaskan bahaya penyebaran hoax begitu juga dengan dampak yang ditimbulkannya.

Disebutkan, salah satu bentuk antisipasi penyebaran hoax dengan sosialisasi dan diskusi, sehingga masyarakat dapat menyaring dan meminimalisir bahaya hoax tersebut. Dosen Fotografi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan ini mengaku bahwa fotonya pernah disalahgunakan dan dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga kecewa dengan pemerintah yang masih lemah menindak para pelaku.

“Pemerintah harus lebih cepat bergerak ketimbang perkembangan teknologi. Penyebaran berita hoax untuk untuk kepentingan pribadi dan kelompok dapat mengakibatkan kontradiksi dan perdebatan berkepanjangan di media sosial maupun kehidupan nyata,” kata Ferdy.

Ferdy juga menanggapi mengenai masalah penyebaran foto-foto bom Surabaya, agar kiranya netizen bersikap bijak untuk tidak menyebar foto-foto korban yang tidak layak dan tidak perlu dilihat oleh anak-anak.

Shohibul Anshor menjelaskan jenis-jenis hoax terdiri atas hoax profer (berita dibuat sengaja untuk kepentingan tertentu), sensasi judul (judul berita heboh namun tidak sebanding isinya), dan bungkusan kadaluarsa (berita tidak disebar pada waktu yang tepat alias basi).

Adapun motifnya antara lain karena iseng, pencitraan, motif klaim, motif mengesahkan kejahatan, motif mencederai, dan perlawanan. “Jika ingin menghapus hoax, maka manusianya juga harus dihapuskan, karena hoax setara peradaban manusia,” kata Shohibul. (wol/har/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

WOL Photo/Eko kurniawan

Bubur Sup Masjid Raya Medan Jadi Incaran Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Memasuki Bulan Suci Ramadhan, bubur sup khas Masjid Raya Al Mashun menjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.