Breaking News
Home / Medan / Selama Ops Zebra 2017, Polrestabes Tilang 8.559 Pengendara
WOL Photo
WOL Photo

Selama Ops Zebra 2017, Polrestabes Tilang 8.559 Pengendara

MEDAN, WOL – Operasi Zebra 2017 yang digelar selama dua minggu telah berakhir. Dalam pelaksanaanya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan, menindak 8.559 pengendara bermotor di jalan raya.

Selain itu, untuk pengendara yang tidak melengkapi surat-surat/dokumen saat mengendarai sepeda motor menduduki posisi terbanyak pelanggaran lalu lintas berjumlah 2.494 orang serta melawan arus sejumlah 154 orang.

“Selama Operasi Zebra Toba 2017 dari tanggal 1 hingga 14 November, dari 8.559 pelanggar disiplin berlalu lintas di jalan raya, 5.757 pelanggar lalu lintas terpaksa diberi surat bukti pelanggaran (tilang) dan 2.802 diberikan surat teguran,” ungkap Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP M Saleh, Selasa (14/11).

Lebih lanjut dikatakannya, untuk kasus kecelakaan lalu lintas ada lima kasus, dua korban meninggal dunia, dua luka berat dan tiga luka ringan sehingga kerugian materil mencapai Rp1,9 juta.

“Untuk jumlah pengendara bermotor yang tidak memakai helm saat berkendara di jalan raya mencapai 1.163 orang,” ujar Kasat Lantas.

Saleh menambahkan, sejumlah 445 pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama/depan pada siang dan malam hari menduduki posisi ketiga.

Selain itu, untuk kendaraan yang terlibat pelanggaran disiplin dalam berlalu lintas didominasi oleh pengendara sepeda motor sejumlah 5.034 unit dan disusul dengan mobil penumpang sebanyak 439 unit, mobil bus 160 unit, dan mobil barang 124 unit.

“Dari data yang kami peroleh membuktikan kesadaran masyarakat untuk disiplin dalam berkendara masih kurang dan perlu ditingkatkan,” imbaunya.

Ditambahkan, selama pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2017, pihaknya tidak hanya memberi tindakan tegas kepada pengendara kendaraan bermotor, namun melakukan tindakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat, mahasiswa dan anak-anak sekolah tentang pentingnya disiplin berlalulintas di jalan raya.

“Hal ini kita lakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas,” pungkas M Saleh.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Edarkan Sabu, Sopir Angkot Nginap di ‘Hotel Prodeo’

MEDAN, WOL – Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus seorang sopir angkot yang menjadi pengedar narkoba ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.