_
Home / Medan / Sekwan Proses Surat Pengunduran Diri Saleh Bangun dan Sudarto Sitepu
Istimewa

Sekwan Proses Surat Pengunduran Diri Saleh Bangun dan Sudarto Sitepu

MEDAN, WOL – Sekretariat DPRD Sumatera Utara telah menerima surat pengunduran diri dua anggota DPRD Sumatera Utara yang mengikuti pemilihan kepala daerah 2015 yakni Saleh Bangun dan Sudarto Sitepu. Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan mengatakan, surat permohonan mundur dari kedua pejabat itu baru masuk pada minggu ini.

Surat tersebut sudah disampaikan kepada Ketua DPRD Sumut untuk selanjutnya disampaikan kepada pengurus partai mereka masing-masing untuk pengusulan PAW.

“Sudah masuk, kita sampaikan ke ketua. Nanti kalau sudah turun dari ketua, maka kita kirim ke pimpinan partai di pusat (DPP, red),” katanya, Rabu (2/9).

Randiman menambahkan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mendesak partai politik agar mempercepat proses Pengganti Antar Waktu (PAW) keduanya. Pihaknya hanya bisa mempercepat proses pengajuan surat-menyurat seputar PAW mereka yang menjadi syarat untuk lanjut di Pilkada masing-masing.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sumut Saleh Bangun dan anggota Fraksi PDI Perjuangan Sudarto Sitepu resmi di PAW. Surat dari DPP tentang PAW akan disampaikan kepada KPU untuk mengetahui siapa yang akan menggantikan posisi anggota dewan yang mundur. Selanjutnya, Sekretariat Dewan mengirimkan surat kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) untuk disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Nanti surat dari pengurus partai akan menjadi dasar kita menyurati KPU mengenai nama caleg dengan nomor urut dibawahnya, kemudian setelah nama itu dapat kita ajukan ke Gubernur diteruskan ke Mendagri untuk mendapat pengesahan. Setelah itu baru PAW,” ujarnya.(wol/cza/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Mengenal Dirut Bank Sumut Baru, Ini Sederet Prestasi Budi Utomo

MEDAN, Waspada.co.id – Hari ini, Jumat (23/8) Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.