_
Home / Medan / Sekitar 25 Ribu Kafilah Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ ke-52
WOL Photo

Sekitar 25 Ribu Kafilah Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ ke-52

MEDAN, Waspada.co.id – Sekitar 25 ribu orang kafilah mengikuti pawai ta’aruf yang merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-52 Tingkat Kota Medan tahun 2019 di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (9/3).

Pawai ta’aruf yang dilepas langsung Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dilakukan untuk menyemarakkan pembukaan MTQ sekaligus membangunan silaturahmi antara kafilah dengan warga sekitar serta mengajak masyarakat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan festival pemuliaan kitab suci Al Quran tersebut.

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai ta’aruf cukup tinggi. Mereka berdiri di sisi kiri dan kanan Jalan Kapten Rahmad Buddin, untuk memberikan tepuk tangan meriah kepada seluruh kafilah-kafilah yang melintas. Selain mengenakan batik Medan, para kafilah juga memakai pakaian adat yang berasal dari seluruh etnis di Kota Medan. Ribuan kafilah ini berasal dari 21 kecamatan di Kota Medan, masing-masing barisan depan kafilah dari kecamatan di isi marching band dan dipimpin langsung camat.

Tidak hanya jajaran kecamatan, pawai taaruf juga diikuti pramuka, polisi cilik, ibu-ibu pengajian, organisasi kepemudaan serta pelajar. Yang menarik lagi dari pawai ta’aruf ini, sejumlah kecamatan sengaja menghadirkan kesenian daerah berikut peralatan musiknya guna memeriahkan pelaksanaan pawai taaruf tersebut. Pawai ta’aruf sendiri dimulai pukul 09.15 WIB. Namun demikian para peserta sejak pukul 06.30 WIB sudah hadir di lokasi acara. Dengan tertib, mereka menunggu dimulainya pelaksanaan pawai taaruf tersebut.

Pelepasan prosesi pawai ta’aruf diawali dengan marching band dan diikuti paskibraka. Setelah itu menyusul polisi cilik serta kontingen dari kecamatan Medan Area selaku juara umum. Dalam pawai ta’aruf tersebut, Kecamatan Medan Area membawa piala bergilir yang mereka rebut di MTQ 51 Kota Medan tahun 2018 yang berlangsung di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan.

Setelah itu disusul kafilah Medan Kota dan Medan Perjuangan. Wali Kota didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani, Wakil Wali Kota Akhyar Nasution dan Sekda Kota Medan Wirya Alrahman yang juga di dampingi istri beserta beserta unsur Forkopimda Kota Medan di antaranya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Dandim 0201/BS Kol Inf Yud Rismansyah serta Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Ketua Fraksi Partai Gerinda DPRD Medan Surianto melambaikan tangan saat setiap kafilah melintasi panggung utama.

Iringan pawai ta’aruf ditutup dengan kafilah dari kecamatan Medan Marelan sebagai tuan rumah. Camat Medan Marelan kemudian menyerahkan ratusan balon kepada Wali Kota. Setelah itu Wali Kota bersama Ketua TP PKK melepaskan balon bersama-sama tanda selesainya pawai ta’aruf tersebut.

“Selain memeriahkan MTQ, melalui pawai ta’aruf ini kita mengharapkan dukungan penuh masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ yang akan berlangsung selama sepekan ini mulai 9-16 Maret mendatang,” kata Wali Kota.

Selain itu tambah Wali Kota lagi, melalui pawai ta’aruf ini ingin membangun kebersamaan dengan masyarakat untuk mewujudkan kota Medan yang religius. “Di samping itu melalui pawai taaruf ini, kita juga berharap dapat memotivasi para kafilah untuk tampil lebih baik lagi di semua cabang perlombaan yang ditampilkan dalam MTQ ke-52. ‘Insha Allah MTQ kali ini akan lahir qori dan qoriah terbaik dari Kota Medan yang nantinya dapat mengharumkan nama kota yang kita cintai bersama ini ditingkat provinsi, nasional maupun internsional,” harapnya.(wol/mrz/data1)

适适

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

KPK Selisik Setoran Para Pejabat Pemkot Medan untuk Walkot Dzulmi Eldin

JAKARTA, Waspada.co.id – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelisik adanya setoran dari para pejabat Pemkot ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.