Home / Medan / Sejarawan: Pematang Siantar Adalah Ibukota Provinsi Sumut Pertama
WOL Photo
WOL Photo

Sejarawan: Pematang Siantar Adalah Ibukota Provinsi Sumut Pertama

MEDAN, WOL – Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Medan (Pussis Unimed), Ichwan Azhari, menyebutkan masih banyak generasi muda yang belum mengetahui sejarah Provinsi Sumatera Utara, terutama siapa gubernur pertamanya.

Dalam pertemuan antara Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dengan Pussis Unimed yang tengah mengajukan nama Jalan Sei Batanghari ataupun Jalan Gunung Krakatau diganti menjadi nama Jalan Gubernur Pertama Sumut, Sutan Muhammad Amin, Jumat (13/4), sejarawan Kota Medan ini menyebutkan bahwa pada masa penjajahan Belanda dulu menyebutkan bahwa Sutan Muhammad Amin salah satu tokoh Young Sumatera yang turut melahirkan Sumpah Pemuda.

“Ketika RI dikatakan pemerintah kolonial Belanda sudah bubar, Soekarno-Hatta ditangkap dan ibukota negara di Jakarta dan Jogyakarta sudah diduduki Belanda serta perjuangan yang dilakukan Jendral Sudirman dilakukan dari hutan dan gunung ke gunung secara bergerilya,” ungkapnya yang didengar dengan baik oleh Wali Kota Medan.

Kondisi itu, lanjutnya, membuat Belanda mengumumkan kepada dunia bahwasannya Indonesia sudah tidak ada. Namun klaim itu dibantah Sutan Muhammad Amin. “Beliau mengatakan Indonesia masih ada, saya gubernurnya dan membentuk anggota DPRD. Itulah perannya sangat heroik. Justru saya sangat sayangkan nama Sutan Muhammad Amin tidak ada di Kota Pematang Siantar. Sebab Pematang Siantar merupakan tempat lahirnya Provinsi Sumatera Utara tahun 1947, begitu juga dengan Kota Medan,” bebernya.

Sebelumnya Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mendukung penuh masukan dari Pussis Unimed. Namun ia menyarankan agar Ichwan beserta tim segera mengajukan pengusulan untuk diproses selanjutnya. Setelah itu Pemko Medan akan mengajukan sekaligus meneruskan kepada DPRD Medan.

“Pengusulan nama jalan harus mendapat persetujuan dari DPRD Medan. Dengan kesejarahan yang telah diperbuat SM Amin selama hidupnya, insha Allah DPRD Medan menyetujuinya,” ungkapnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Seminar Penabalan Gelar Pahlawan Nasional SM Amin Nasution Libatkan Ahli

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, menyebut  Seminar Nasional Pengusulan SM ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.