_
Home / Medan / Satgas Karhutla Sumut Belum Temukan Titik Panas
Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan.

Satgas Karhutla Sumut Belum Temukan Titik Panas

MEDAN, Waspada.co.id – Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas) Karhutla Sumut belum menemukan adanya titik panas (hot spot) di Sumut.

Kendati demikian, tim Satgas Karhutla Sumut masih terus melakukan pemantauan terhadap lahan dan hutan untuk mencari hot spot.

“Sampai sekarang belum ada ditemukan titik panas di Sumut. Tapi, tim Satgas Karhutla Sumut masih terus melakukan pemantauan,” ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Rabu (25/9).

Dikatakan, belum lama ini Tim Satgas Karhutla Sumut mendeteksi adanya empat titik panas yang dikabarkan di kawasan Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu.

Namun, setelah dicek ke lokasi ternyata titik panas tersebut berada di wilayah Desa Limau Kapas, Kecamatan Panipahan, Kabupaten Rohil.

“Walaupun titik panas itu bukan di wilayah Sumut, tapi kita tetap melakukan pemadaman. Sebagai langkah pencegahan meluas ke Sumut, kita buat skat air,” terangnya.

Sementara ini, MP Nainggolan menuturkan Polda Sumut dan jajaran telah menangani dua kasus Karhutla, yakni di wilayah hukum Polres Tobasa dalam status penyelidikan dan Tapsel sudah tahap penyidikan.

Setelah melakukan pemadaman secara merata, selanjutnya tim Satgas Karhutla Sumut melaksanakan penghijauan dengan penanaman pohon.

“Ada dua Laporan Polisi (LP) kasus Karhutla yang diproses. Di Polres Tapsel sudah tahap sidik, dan Polres Tobasa masih penyelidikan. Kegiatan Satgas Karhutla Sumut berkelanjutan dengan penanaman pphon,” jelas Nainggolan.

Nainggolan menambahkan, Tim Satgas Karhutla Sumut dibentuk pada 2016 lalu, terdiri dari Polri, Dishut, TNI, BPBD, BKSDA, dan BMKG.

Sementara Kasubdit IV/Tipidter Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut, AKBP Herzoni Saragih mengatakan pihaknya melakukan pemantauan dan pemadaman api.

“Kita pantau dan bantu memadamkan api di Kabupaten Labuhanbatu yang terjadi Karhutla mengingat kondisi udara di Medan dan Sumut semakin memburuk,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

Wakil Wali Kota Harap TNI-Polri Semakin Bersinergi

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan bersama unsur TNI-Polri merupakan satu kesatuan gerak yang tidak dapat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.