Home / Fokus Redaksi / Sah! Kahiyang Ditabalkan Marga Siregar
WOL Photo

Sah! Kahiyang Ditabalkan Marga Siregar

MEDAN, WOL – Proses penabalan marga Siregar kepada Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu saat ini masih berlangsung dan diperkirakan selesai dalam beberapa jam. Nantinya setelah sambutan dari para raja adat, Kahiyang akan diupah-upah dengan kepala kerbau, nasi dan daging kerbau, keris atau sahat mara.

Latifah Hanum, kakak sepupu Doli Sinomba Siregar, menjelaskan kerbau adalah upah-upah paling tinggi. “Kepala kerbau ini simbol kemakmuran,” ujar Latifah yang berstatus atau Pisang Raut (Anak Boru dari Anak Boru) adat keluarga.

Sementara keris yang dibalut kain kuning bermakna agar menjadi perisai bagi Kahiyang. “Ini diberikan setelah resmi jadi boru Siregar,” ujarnya.

Satu kerbau dipotong di rumah Doli kemarin. “Nanti Kahiyang akan diberikan abit Batak (ulos) lalu prosesi manortor para raja. Dan sebelum pulang Kahiyang akan ikut manortor dengan Bobby baru dibawa pulang,” kata Latifah.

Yunan Siregar selaku kakek dari ibu Bobby kepada awak media menyebutkan sebelumnya, seperti persyaratan memotong kerbau dan ayam kampung sudah dilakukan.

“Satu ekor kerbau dan ayam kampung itu sudah kita lakukan semalam. Tempatnya gak usah la ya, yang jelas itu disaksikan ketua-ketua adat, dan itu wajib,” katanya.

Sekitar pukul 11.15 WIB, ditandai dengan pemukulan gondang sebanyak tiga kali dan lemparan beras kuning, Kahiyang resmi menjadi Kahiyang Ayu Boru Siregar dengan pemberian sertifikat. (wol/ags/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Gerindra Sebut Jokowi Masih Kesulitan Jaring Cawapres

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menilai kubu Joko Widodo masih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: