Home / Medan / Ribuan Pekerja Pertamina Sehari Mengajar Siswa SD dan Beri Bantun Sekolah
WOL Photo/Eko

Ribuan Pekerja Pertamina Sehari Mengajar Siswa SD dan Beri Bantun Sekolah

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk mendorong pendidikan, ribuan pekerja Pertamina satukan energi dan sebarkan semangat positif bagi anak-anak sekolah dasar dan anak jalanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selama satu hari, para pekerja meluangkan waktu untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud konkrit keterlibatan pekerja dalam kegiatan sosial.

Sudah tahun ketiga, kegiatan mengajar ini dikemas melalui program Pertamina Energi Negeri (PEN), dengan melibatkan 1.435 pekerja dari Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Unit Operasi dan Anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan.

Para relawan akan mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi, yakni di Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Palembang, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim. Adapun total sekolah yang dijangkau sebanyak 63 Sekolah Dasar yang berda di sekitar wilayah Operasi Pertamina.

Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Adiatma Sardjito, menerangkan PEN ketiga kali ini melibatkan relawan dengan jumlah lebih besar dari tahun sebelumnya. Program ini pertama kali dilaksanakan pada Februari 2016, dengan jumlah relawan sebanyak 129 pekerja Pertamina. Dan pada tahun kedua dilaksanakan pada 8 Mei, yang diikuti lebih dari 500 relawan.

“Pekerja yang terlibat naik hampir tiga kali lipat dari tahun lalu, menunjukkan antusiasme mereka dalam mewujdukan budaya kerelawanan di luar aktivitas rutin bekerja,” tuturnya, Senin (27/8).

Pertamina Energi Negeri tahun ini mengambil tema “Menyatukan Energi Mendukung Literasi,” sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagai pengetahuan khususnya membaca, menjelang Hari Literasi lnternasional. Para pengajar juga akan menanamkan nilai-nilai budi pekerti, dan materi lain yang disampaikan dengan cara menarik dan menyenangkan.

“Program-program tersebut merupakan bagian kampanye perusahaan, yang sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat kecintaan anak-anak pada Indonesia. Para pengajar juga akan menyampaikan tata nilai perusahaan yang bisa diterapkan secara universal sebagai topik pendidikan karakter sepeti kejujuran, berprestasi, percaya diri, berbagi, kreatif dan berpengetahuan,”jelasnya.

Di wilayah operasional PT Pertamina (Persero) MOR I Sumbagut juga terdapat tiga sekolah yang menjadi lokasi kegiatan PEN dilaksanakan, tepatnya terletak di Kecamatan Labuhan Deli, yakni SD 065003, dan Kecamatan Medan Belawan yakni di SD 060957 dan SD 060960.

Ditambahkan Unit Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto, bahwa total puluhan pekerja dari Pertamina MOR I terjun langsung untuk mengikuti kegiatan ini.

“Puluhan pekerja turun ke beberapa sekolah dasar untuk mengajar dan mendapat kesempatan memberikan keceriaan kepada siswa siswi di sana,” tambahnya.

Pertamina MOR I melalui program CSR juga memberikan bantuan secara simbolis kepada ketiga sekolah tersebut berupa bantuan renovasi gedung sekolah.

“Kami juga berharap melalui bantuan CSR yang diberikan dapat membantu memberikan fasilitas pendidikan yang lebih baik dan memadai,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Harga BBM Premium Batal Naik, Gerindra Senang Bukan Kepalang

JAKARTA – Pemerintah membatalkan kenaikan rencana Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium. Sebelumnya, Premium ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: