_
Home / Medan / Resmi Ibu Kota Pindah, Ini Kata Pengamat Ekonomi
foto: ist

Resmi Ibu Kota Pindah, Ini Kata Pengamat Ekonomi

MEDAN, Waspada.co.id – Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo resmi menetapkan pemidahan Ibu kota ke Kalimantan Timur.

Terkait dengan keputusan tersebut, beberapa pengamat pun turut memberikan pandangan terkait pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Pendapat pun turun dari salah satu pengamat ekonomi Sumatera Utara jika dikaitkan dengan perekonomian.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, menuturkan jika dikaitkan dengan akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah, ini suatu hal yang belum atau bahkan berhubungan.

“Apalagi jika dikaitkan dengan potensi ekonomi wilayah Sumatera Utara, jelas pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur itu tidak berpengaruh, karena yang dibangun itu kan infrastruktur termasuk berupa bangunan,” tuturnya, Rabu (28/8).

Setidaknya itu dulu yang di bangun. Nah sementara Sumut ekonominya itu kan didominasi komoditas. Jadi tidak akan berdampak pada perekonomian Sumut.

“Kemudian, pemindahan ibu kota itu kan nantinya akan memindahkan wilayah administrasi pemerintahan, yang nota benenya akan membawa banyak tenaga kerja atau ASN, tentu akan ada relokasi konsumsi penduduk dari Jakarta ke Kaltim, di situ nantinya baru akan keliatan ada pola konsumsi meningkat ke Kaltim,” jelas Gunawan.

Nah saat itu kontribusi barang konsumsi yang dihasilkan Sumut bisa saja berpeluang relokasi juga. Walaupun belum tentu 100 persen. Jadi dapat disimpulkan bahwa ibu kota yang pindah tidak akan berpengaruh besar bagi perekonomian Sumut.

“Yang paling mungkin berpengaruh adalah jadwal pesawat terbang dari dan ke Medan lewat ibu kota. Ini yang paling besar terjadi jika ibu kota benar-benar pindah,”ungkapnya.

Sementara untuk dampak ekonomi yang paling signifikan justru akan dinikmati oleh provinsi Kalimantan Timur itu sendiri. Tapi pemindahan ibu kota itu kan punya pertimbangan. Apalagi kalau bicara mengenai letak geografis. Ya sudah memang Kalimantan ini sangat bisa dinilai berada di tengah dan lebih adil posisinya.

“Namun secara ekonomi, Sumut punya kesempatan yang lebih baik untuk berkembang, bahkan dibandingkan dengan wilayah lain di Jawa, ataupun wilayah Kalimantan sebagai ibu kota baru,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Mengenal Dirut Bank Sumut Baru, Ini Sederet Prestasi Budi Utomo

MEDAN, Waspada.co.id – Hari ini, Jumat (23/8) Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.