Home / Medan / Ratusan Pegawai Pelindo I Demo Dikawal Polisi dan TNI
WOL Photo

Ratusan Pegawai Pelindo I Demo Dikawal Polisi dan TNI

MEDAN, WOL – Ratusan pegawai PT Pelindo I melakukan aksi unjuk rasa Jalan Pelabuhan, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (6/5).

Dalam orasinya, menolak eksekusi pihak Pengadilan Negeri Medan terhadap lokasi tanah seluas 10 Ha yang dikenal dengan nama Pantai Anjing di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Dimana, lahan tersebut merupakan aset negara yang diberikan kepada PT Pelindo I yang sudah diatur dalam UU No.1/2004 menyebutkan, bahwa pihak mana pun dilarang untuk melakukan eksekusi.

“Ini merupakan bentuk perlawanan kami terhadap ketidakadilan dalam mengadili dan memutuskan perkara atas lahan tanah Pantai Anjing tersebut karena akan dieksekusi oleh Pengadilan Negeri Medan,” ucap salah seorang demostran yang enggan menyebutkan namanya kepada Waspada Online.

Dikatakan, lahan tanah Pantai Anjing tersebut merupakan akses jalan keluar masuk ke dermaga untuk mengangkut dan membongkar kebutuhan pokok Sumatera Utara dan sebagian digunakan untuk jalur pipa Pertamina untuk konsumsi BBM wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) selama tahun 1982.

“Tujuan kami melakukan aksi ini untuk mempertahankan aset negara yang diberikan kepada PT Pelindo I atas lahan 10 Ha yang merupakan bagian dari sertifikat tanah HPL (Hak Pengelolahan Lahan) No.1 Desa Belawan I, tanggal 03 Maret 1993 seluas 278,15 Ha,” sebutnya.

Tidak hanya itu, bahwa perkara eksekusi tersebut sedang dalam proses peninjauan kembali (PK) di Mahkamah Agung RI sesuai surat Kepaniteraan Negeri Medan No.W.2.U1/46421/PDT.04.10/III/2015 (PK) tanggal 23 Maret 2015.

Pantauan wartawan di lokasi, ratusan pegawai PT Pelindo I yang melakukan aksi demo tersebut mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian Resort Pelabuhan Belawan, dan juga TNI.(wol/lihavez/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Drainase Medan Belawan Dinormalisasi

MEDAN, WOL – Antisipasi banjir sesuai instruksi Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, juga dilaksanakan jajaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: