_
Home / Medan / Ratusan Nelayan Geruduk Kantor Gubsu
WOL Photo/Ilham

Ratusan Nelayan Geruduk Kantor Gubsu

MEDAN, WOL – Ratusan nelayan yang tergabung dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumatera Utara unjuk rasa mempertanyakan sikap pemerintah dalam pemberlakuan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 71 tahun 2016, di depan kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Kamis (8/2).

Dalam orasinya, massa menilai akibat pemberlakuan Permen tersebut alat tangkap nelayan banyak yang dilarang untuk dipergunakan sehingga menurunkan hasil tangkapan ikan.

Kordinator aksi dari Aliansi Masyarakat Nelayan Sumut, Bambang Novianto, menyampaikan bahwa sejak hal tersebut diberlakukan banyak kapal yang terancam tidak beroperasi.

“Beberapa alat tangkap seperti Pukat Hela dan Pukat Tarik baik satu maupun dua kapal diantaranya 5 sampai 30 GT terancam tidak dapat beroperasi,” teriaknya.

Lebih lanjut, menurutnya Permen tersebut tanpa kajian dan solusi bagi nelayan serta aspek yang ditimbulkan merupakan tanggung jawab  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti.

“Ribuan kawan-kawan nelayan terancam menganggur serta karyawan pabrik pengolahan ikan terancam dirumahkan akibat terhentinya operasi perusahaan, karena tidak ada pasokan ikan serta ribuan kapal nelayan tidak dapat beroperasi akibat kebijakan tersebut,” katanya.

Bambang juga meminta pemerintah secepatnya memberi solusi seperti mengambil kebijakan mengajukan pembagian zonasi bagi para nelayan kepada pemerintah pusat dan daerah.

“Kami juga meminta pemerintah memberikan tenggang waktu agar bisa melaut untuk mencari nafkah sampai ada solusi dari pemerintah. Apabila dalam waktu dekat tidak ada solusi bagi kami, maka kami tetap beroperasi sebagaimana biasanya dan apapun resikonya kami tanggung,” imbuhnya.

Pantauan Waspada Online, ratusan massa aksi yang memadati ruas jalan tersebut akibatnya arus lalu lintas lumpuh total. Puluhan personil kepolisian yang berjaga-jaga jalannya aksi sempat mengalihkan arus perlintasan di ruas jalan tersebut.

Usai berorasi di kantor Gubsu, ratusan nelayan tersebut melakukan long march melanjutkan aksinya ke kantor DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol Medan. (wol/iam)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hari Pelanggan Nasional, Pertamina Bagikan Souvenir Menarik

MEDAN, Waspada.co.id – Semarakkan Hari Pelangan Nasional, PT Pertamina (MOR) I Sumbagut bagikan souvenir menarik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.