Home / Medan / Ramadhan, Pakat Primadona Menu Santapan Berbuka
WOL Photo/eko kurniawan

Ramadhan, Pakat Primadona Menu Santapan Berbuka

MEDAN, Waspada.co.id – Memasuki Bulan Suci Ramadhan, sejumlah masyarakatpun banyak berburu makanan dan minuman untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Pakat misalnya, Kuliner khas Tapanuli Selatan yang ada hanya pas bulan Ramadhan ini banyak diincar masyarakat untuk santapan menu berbuka.

“Alhamdullilah, kalau memasuki Ramadhan gini, banyak yang pesan, apalagi langganan kita selalu pesan, tiap hari, kita jual perbatangnya Rp3000,” tutur Ramdan Lubis, Penjual Pakat di Letda Sujono kepada Waspada Online, Kamis (31/5).

Selain nikmat, pakat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya kencing manis dan malaria, juga memiliki khasiat sebagai pembangkit nafsu makan di saat berbuka puasa ataupun sahur.

“Dan untuk pembuatan pakat  juga cukup sederhana, batang-batang rotan muda ini dipotong-potong dengan ukuran setengah hingga satu meter, lalu dibakar di atas bara api atau tungku selama lebih kurang 15 menit,” katanya.

Proses ini dilakukan agar kulit rotan tersebut terkelupas. Setelah dipastikan masak, rotan muda dikupas dan diambil bagian dalamnya berwarna putih. Daging rotan kemudian dipotong-potong berukuran 5 centimeter.

“Untuk menambah kenikmatan, rotan muda kemudian dibubuhi sambal, saus atau pun kuah santan kelapa campur serundeng. Makanan ini merupakan tradisi suku Mandailing, dan pas dijadikan menu santapan berbuka,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Garuda Indonesia Akan Terbangkan 8.466 Calon Haji 2018

MEDAN, Waspada.co.id – Memasuki musim haji, Garuda Indonesia akan terbangkan 8.466 calon jemaah haji Tahun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: