Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Presiden Resmikan Jalan Tol di Sumut
WOL Photo/Ega Ibra
WOL Photo/Ega Ibra

Presiden Resmikan Jalan Tol di Sumut

MEDAN, WOL – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), meresmikan ruas Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah. Ruas jalan tol ini, melintasi Bandara Kualanamu-Lubuk Pakam-Teluk Mengkudu-Sei Rampah, merupakan ruas jalan tol terpanjang di Sumatera, mencapai 42 Km.

Selesainya, jalan tol yang dioperasikan oleh PT Jasamarga Kualanamu Tol yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini, akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah, sehingga diharapkan juga dapat mengurai kepadatan pada jalan nasional.

Dalam kunjungannya, Jokowi mengatakan bahwa tol yang diresmikan ini menjadi ruas tol terpanjang di luar Pulau Jawa. Harapannya dapat berdampak besar bagi proses distribusi barang dan jasa menjadi sangat cepat.

“Tentunya  jika jalan tol semua telah tersambung, maka diharapkan dapat menurunkan biaya operasional pengiriman barang dan jasa. Penurunan biaya operasional berdampak pada penurunan harga barang, dengan begitu dapat meningkatkan daya saing untuk mendorong perekonomian di Sumatera Utara,” tuturnya, Jumat (13/10) sore.

Adapun Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah kedepannya akan terkoneksi dengan jalan tol lainnya yang telah beroperasi sebelumnya, yaitu Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, dimana titik pertemuan antar dua jalan tol tersebut adalah di Tanjung Morawa.

“Dengan adanya jalur tol dari Binjai hingga ke Tebing Tinggi, maka bisa langsung dilanjutkan pembangunannya hingga ke Kawasan Pariwisata Khusus Danau Toba, agar semakin baik layanan jalur untuk menuju pariwisata di Sumut,” ujar Presiden.

Dijelaskan, perjalanan ke Tebingtinggi lewat jalur tol kini hanya memakan waktu 2 jam, bila dibandingkan waktu tempuh di jalur umum antara 4-5 jam.

“Dan untuk saat ini jalur tol yang belum selesai dilakukan pembebasan lahan yakni seksi 1 Binjai-Medan masih tersisa 3,3 km dan jalur Rampah-Tebingtinggi sepanjang 14 Km, kita harapkan proyek ini segera selesai atau rampung,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Presiden Jokowi resmikan tol Palinda sesi satu (Foto: Melly/Okezone)

Resmikan Tol Palembang-Indralaya Sesi 1, Presiden Jokowi: Saya Datangi Proyek Besar Supaya Bisa Cepat Selesai di Lapangan

  OGAN ILIR – Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Palembang-Indralaya atau Palindra sesi 1 ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.