Breaking News
Home / Medan / PP GAM Sumut Desak Kajatisu Usut Dugaan Korupsi Rp3 M di RSU Tanjungpura
WOL Photo

PP GAM Sumut Desak Kajatisu Usut Dugaan Korupsi Rp3 M di RSU Tanjungpura

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan mahasiswa tergabung dalam Pengurus Pusat Gerakan Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara (PP GAM Sumut) berunjuk rasa di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) Jalan Jenderal Besar AH Nasution, Medan, Kamis (15/11).

Dalam tuntutannya, PP GAM Sumut mendesak dan meminta dengan tegas diusut dugaan mark up/korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes), kedokteran dan KB RSU Tanjungpura, Kabupaten Langkat bersumber dari APBN TA 2011 senilai Rp7.827.285.000.

Selain itu juga mendesak Kepala Kejatisu, Fachruddin Siregar prioritaskan memanggil dan periksa Bupati Langkat dan Kepala Dinas Kesehatan Medan, Dr Sadikun Winato, yang saat pengadaan alkes tahun 2011, menjabat sebagai Direktur RSU Tanjungpura.

“Kepala Kejatisu harus dan dituntut prioritaskan pemeriksaan Bupati dan Kadinkes Langkat, Sadikun Winato terkait dugaan mark-up pengadaan alkes tahun 2011 di RSU Tanjungpura yang diperkirakan merugikan negara Rp3 miliar lebih,” sebut Ali Muksin Hasibuan dalam orasinya.

Dikatakan, Kadinkes Langkat, Dr Sadikun Winato, yang kala itu menjabat Direktur RSU Tanjungpura, bertanggungjawab atas dugaan mark up pengadaan alkes. Bahkan Bupati Langkat selaku penanggungjawab, pantas untuk dipanggil untuk diperiksa.

”Sadikun Winato sebagai Direktur RSU Tanjungpura, sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada pengadaan alkes saat itu. Beliau sangat bertanggungjawab atas dugaan mark up uang negara tersebut. Bupati Langkat, diduga pantas terlibat selaku penanggungjawab karena kepala daerah. Kami memiliki dokumen kontrak pengadaan alkes tersebut dan siap menyerahkannya kepada pihak Kejatisu,” ungkapnya.

Ali Muksin mengungkapkan PP GAM Sumut akan terus mendatangi dan berunjukrasa ke Kejatisu mendesak dilakukannya proses hukum terkait pengadaan alkes RSU Tanjungpura.

Sementara itu, Kasubsi Penkum/Humas Kejatidu, Yosgernold Tarigan, di hadapan pengunjukrasa mengatakan, terimakasih kepada PP GAM Sumut yang telah menyampaikan aspirasinya.

“Laporan tuntutan dugaan mark up pengadaan alkes RSU Tanjungpura bersumber dari APBN TA 2011 akan disampaikan ke pimpinan Kejatisu untuk diproses,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolrestabes: Mari Kita Saling Tahan Diri

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, kepada mahasiswa dan masyarakat untuk tetap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: