Home / Fokus Redaksi / Poldasu Tetapkan 4 Tersangka Kapal Tenggelam di Danau Toba
WOL Photo/Lihavez

Poldasu Tetapkan 4 Tersangka Kapal Tenggelam di Danau Toba

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut terus mendalami kasus tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba. Dari hasil penyelidikan penyidik menetapkan empat orang sebagai tersangka.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Senin (25/6), mengatakan keempat tersangka dalam kasus kapal tenggelam, yakni nakhoda sekaligus sebagai pemilik kapal bernama Poltak Soritua Sagala.

Kemudian Karnilan Sitanggang pegawai honor Dishub Samosir selaku anggota Kapos Pelabuhan Simanindo, Kapos Pelabuhan Simanindo Golpa F. Putra PNS Dinas Perhubungan Kab. Samosir, dan Rihad Sitanggang Kabid ASDP (Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Perairan).

“Untuk nakhoda karena tidak memiliki izin untuk berlayar. Sementara tiga orang dari Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir ditetapkan sebagai tersangka karena lalai dalam menjalankan tugasnya,” katanya didampingi Dir Reskrimum Poldasu, Kombes Pol Andi Rian.

Paulus menuturkan, insiden tenggelamnya kapal saat nakhoda kapal Poltak Soritua Sagala, bersama tiga orang ABK-nya berangkat dari Pelabuhan Simanindo menuju Pelabuhan Tigaras Kecamatan Perdamaian, Kabupaten Simalungun dengan membawa penumpang lebih 150 orang dan sepeda motor lebih 70 unit.

Setelah beberapa menit berlayar kondisi kapal terasa ada benturan dan langsung mesin mati dan kapal berhenti lalu terbalik ke arah sebelah kanan (telungkup) dengan kondisi terapung selama 5 menit.

“Akibatnya lebih dari 150 penumpang tenggelam dan hingga kini belum ditemukan,” jelasnya sembari menambahkan sebelum kapal tenggelam pihak dari BMKG telah mengeluarkan larang berlayar karena cuaca buruk di Danau Toba. Namun, nakhoda tetap membawa penumpang.

Diketahui, kapal penumpang yang tenggelam itu tepatnya di Perairan Danau Toba antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Tigaras, Kabupaten Simalungun. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolrestabes: Mari Kita Saling Tahan Diri

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, kepada mahasiswa dan masyarakat untuk tetap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: