Breaking News
_
Home / Fokus Redaksi / Poldasu Tetapkan 2 Tersangka Pelaku Makar
WOL Photo

Poldasu Tetapkan 2 Tersangka Pelaku Makar

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut menetapkan Rafdinal dan Zulkarnain sebagai tersangka tindak pidana makar. Bahkan, terhadap keduanya telah ditahan.

Penetapan tersangka itu pun dibenarkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Selasa (28/5).

“Penetapan status tersangka terhadap keduanya dilakukan setelah rangkaian proses penyelidikan atas pengaduan dari masyarakat. Mereka dikenakan Pasal 107 KUHPidana tentang perbuatan makar,” ungkapnya.

Agus menuturkan, dalam perkara ini penegakan hukum dapat dilakukan dalam rangka untuk pencegahan didasarkan pada berbagai aktivitas dan kegiatan yang sudah terjadi.

Menurutnya, dugaan makar karena Pasal 107 itu tidak perlu ada akibat. Bukti materil saja cukup apa yang diucapkan, formilnya dalam bentuk kegiatan sudah ada, tidak menunggu akibat sudah bisa diterapkan.

“Penangkapan terhadap kedua tersangka tersebut bukan merupakan bentuk kriminalisasi. Hal ini merupakan bagian dari tugas kami dalam melaksanakan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Jenderal Bintang dua ini.

Seperti diketahui, penyidik Dit Reskrimum Polda Sumatera Utara akan memanggil 6 orang warga untuk dimintai keterangan dalam kasus dugaan makar.

Pada surat panggilan yang beredar pada grup-grup whatsapp kalangan jurnalis, mereka yang dipanggil Heriansyah, warga Jalan Balaidesa Perumahan La Tahzan Desa Marindal II Kecamatan Patumbak.

Kemudian Angga Fahmi (Mahasiswa UMSU), Fatra warga Jalan Sekretariat Masjid Raudhatul Islam Jalan Yos Sudarso Gang Peringatan, Medan, Prabu Alam Syahputra warga Dusun III Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Indra Suheri (Pengurus FUI Sumut) dan Rinaldi pengurus Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Mereka dipanggil sebagai saksi untuk dimintai keterangan dalam dugaan tindak pidana makar sebagaimana dimaksud Pasal 107 KUHPidana dan atau Pasal 110 KUHPidana yo Pasal 87 yo Pasal 88 KUHPidana yang terjadi pada Sabtu 4 Mei 2019 di Jalan Brigjen Katamso-MT Haryono-Jalan Sisingamangaraja, Medan, yang diduga dilakukan oleh Rafdinal.

Heriansyah dipanggil untuk hadir pada Senin 27 Mei 2019. Kemudian Angga Fahmi, Prabu Alam Syahputra dan Indra Suheri dipanggil untuk hadir pada Selasa 28 Mei 2019. Sementara Fatra dan Rinaldi dipanggil untuk hadir pada Rabu 29 Mei 2019.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Bekingi Debt Collector dan Hina Polri, Kasium Polsek Perbaungan Dilaporkan

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Seksi Umum (Kasium) Polsek Perbaungan, Aiptu S Manurung, dilaporkan ke Sentra ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: