Home / Fokus Redaksi / Poldasu Tangkap Nova Zein Penggelapan Mobil Mewah
foto: cdninstagram
foto: cdninstagram

Poldasu Tangkap Nova Zein Penggelapan Mobil Mewah

MEDAN, WOL – Subdit III/Umum Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut, menangkap Nova Zein atas laporan dugaan penggelapan belasan unit mobil mewah, Kamis (8/2) malam.

Polisi masih mendalami kasus itu untuk mengungkap penadah dan jaringan wanita yang berdomisili di Jalan Eka Karya Wisata, Gang Eka Handayani, Medan Johor tersebut.

“Memang benar kita sudah menangkap pelaku penggelapan mobil (mewah, red) itu, tapi kasusnya masih dikembangkan,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw menjawab wartawan, Jumat (9/2).

Namun, Jenderal Bintang Dua tersebut masih enggan memberi keterangan lebih rinci. Sebab, Kapolda menganggap masih ada pelaku lain yang terlibat, termasuk penadah mobil belasan mobil mewah jenis Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner tersebut.

Sementara, Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, menjawab wartawan mengatakan penyelidik dan penyidik masih mendalami kasus itu karena diduga kejahatan Nova Zein merupakan sindikat penggelapan mobil rental antarprovinsi.

“Kasusnya masih dikembangkan. Sabarlah ya. Nanti kalau sudah terungkap semua, pasti disampaikan ke rekan-rekan media,” ujar Nainggolan.

Sebelumnya, A Subrata, warga Jalan Karya Budi Lingkungan VII Kelurahan Pangkalan Masyur, Kecamatan Medan Johor melaporkan Nova Zein karena diduga menggelapkan dua unit mobilnya jenis Pajero dan Fortuner.

Dalam nomor LP/77/I/2018 SPKT ‘II’ tanggal 26 Januari 2018, Subrata melaporkan Nova Zein dan Yosida. Terlapor diduga menggelapkan mobil korban pada 6 dan 26 Juli 2018.(wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Oknum Polisi Peras Pengusaha, Pelaku UMKM Akan Demo Poldasu

MEDAN, WOL – Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) rencananya akan berunjuk rasa ...

6 comments

  1. Semakin maju perkembangan zaman seiringan dengan itu juga kejahatan banyak bermunculan di negeri pertiwi ini dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah tindak pidana penggelapan (verduistering) sebagaimana yang diatur dalam Bab XXIV Pasal 372 sampai dengan pasal 377 KUHP. Menurut Laminating, tindak pidana sebagaimana tersebut sebagai ‘’penyalahgunaan kepercayaan’’. Sebab, inti dari tindak pidana yang diatur dalam Bab XXIV tersebut adalah ‘’penyalahgunaan hak’’. Atau ‘’penyalahgunaan kepercayaan’’.

    Tindak pidana penggelapan sering terjadi di berbagai kalangan, mulai dari kalangan rendah hingga kalangan tinggi yang notabennya berpendidikan dan mengertia hukum atas tindakan tersebut, namun kejahatan ini tetap saja terjadi tidak hanya oleh masyarakat kecil bahkan seorang yang yang terpandang yang seharusnya menjadi panutan pun ikut terjerumus dalam kasus ini.

    Seperti pada kasus yang sedang hangat saat ini ialah kasus penipuan dan penggelapan mobil yang dilakukan Ketua Sumatera Women Foundation (SWF), Nova Zein, yang akhirnya ditangkap oleh subdit III/Jahtanras Direktorat Reserse Krimimal Umum (Ditreskrimum) Poldasu.

    Menurut saya ini merupakan keberhasilan bagi Polri dalam mengungkap kasus seperti ini, Pemerasan modus anggota polisi ini diungkap Kepolisian Resor Metro Tangerang Kota. Pelakunya berinisial JS (36 tahun) asal Magetan yang mengaku jadi anggota polisi, sebenarnya tidak, ia adalah polisi gadungan. Ini juga tidak lepas dari peran masyarakat yang melaporkannya kepada pihak kepolisian. Terimakasih sekali lagi kepada pihak kepolisian yang telah mengungkap kasus ini dan semoga tidak ada lagi kejahatan yang merugikan orang lain ini.

  2. Semakin maju perkembangan zaman seiringan dengan itu juga kejahatan banyak bermunculan di negeri pertiwi ini dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah tindak pidana penggelapan (verduistering) sebagaimana yang diatur dalam Bab XXIV Pasal 372 sampai dengan pasal 377 KUHP. Menurut Laminating, tindak pidana sebagaimana tersebut sebagai ‘’penyalahgunaan kepercayaan’’. Sebab, inti dari tindak pidana yang diatur dalam Bab XXIV tersebut adalah ‘’penyalahgunaan hak’’. Atau ‘’penyalahgunaan kepercayaan’’.

    Tindak pidana penggelapan sering terjadi di berbagai kalangan, mulai dari kalangan rendah hingga kalangan tinggi yang notabennya berpendidikan dan mengertia hukum atas tindakan tersebut, namun kejahatan ini tetap saja terjadi tidak hanya oleh masyarakat kecil bahkan seorang yang yang terpandang yang seharusnya menjadi panutan pun ikut terjerumus dalam kasus ini.

    Seperti pada kasus yang sedang hangat saat ini ialah kasus penipuan dan penggelapan mobil yang dilakukan Ketua Sumatera Women Foundation (SWF), Nova Zein, yang akhirnya ditangkap oleh subdit III/Jahtanras Direktorat Reserse Krimimal Umum (Ditreskrimum) Poldasu.

    Menurut saya ini merupakan keberhasilan dari Tim Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara Karena tealh mengamankan seorang wanita berinisial NZ (33) warga Jalan Eka Karya Wisata Medan, yang diduga sebagai pelaku penggelapan dua unit mobil mewah. Ini juga tidak lepas dari peran masyarakat yang melaporkannya kepada pihak kepolisian. Terimakasih sekali lagi kepada pihak kepolisian yang telah mengungkap kasus ini dan semoga tidak ada lagi kejahatan yang merugikan orang lain ini.

  3. zaman ini dengan semakin canggih dan modernnya teknologi, maka berkembang pula modus-modus baru dalam tindak pidana ini yang belum tercakup dalam KUHP misalnya, penipuan melalui sms yang mengatas nawmakan operator sesuler, atau penipuan berkedok menyewa kendaraan di rental mobil maupun motor

    seperti kasus yang ditangani Subdit III/Jahtanras Direktorat Reserse Krimimal Umum (Ditreskrimum) Polda sumut. Pihak kepolisian mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa mereka sudah di tipu oleh seseorang. Dengan ada nya laporan ini pihak kepolisian langsung bergerak cepat mencari seseorang yang di dugaan melakukan penipuan. Tidak butuh waktu yang lam pihak kepolisian berhasil menangkap ketua sumatera women foudation yaitu nova zein. Kasus ini masih di selidikin dan didalami oleh pihak kepolisian

    ini yang saya bangga dari pihak kepolisian setelah mendapatkan laporan langsung bergerak cepat menangkap pelaku kasus pengelapan. Terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah mengungkap kasus ini semoga kasus ini cepat selesai jangan pandang bulu pak siapa pun yang melanggar hukum tindak tegas

  4. Fungsi mobil di Indonesia berbeda apabila dibandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu, dahulu
    kala masyarakat Indonesia menggunakan mobil hanya untuk alat transportasi yang
    dapat mengangkut banyak orang, sedangkan pada masa saat ini fungsi mobil
    dijadikan sebagai cerminan orang yang memilikinya.

    Pertama kali mobil masuk ke Indonesia ialah pada tahun 1894 milik Pakubuwono X dengan merk
    Benz Phaeton, beliau merupakan Sultan Solo yang mendahului kepemilikan mobil
    mendahului Belanda yang baru memiliki mobil pertama pada tahun 1896. Saat ini,
    banyak pilihan tipe-tipe mobil yang tersedia di pasar otomotif Indonesia, ada
    yang kisaran harga 80-100 juta, bahkan ada juga mobil dengan harga yang super
    mahal untuk kalangan-kalangan elit dan biasa di sebut mobil mewah.

    Mengenai mobil mewah yang beredar di Indonesia di atur oleh Menteri Perindustrian dimana mobil
    mewah yang diimpor dari luar negeri dikenakan Pajak Pertambahan Nilai Barang
    Mewah (PPnBM) 150%. Apakah kalian akan berfikir kembali untuk memilikinya? Subdit
    III/Umum Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut, menangkap Nova Zein atas
    laporan dugaan penggelapan belasan unit mobil mewah. Terimakasih pa katas penangkapannya.

    Hal tersebut menjadi pelajaran bagi kita selaku masyarakat, yang tetntunya sedikit faham mengenai hukum
    yang berlaku di negara Indonesia. Meskipun kita memiliki hobi untuk mengkoleksi
    atau memiliki barang mewah, kita tidak bisa sembarangan untuk dapat
    memilikinya, perlu kecermatan berfikir agar barang yang dimiliki dapat
    digunakan secara aman dan nyaman oleh kita, baik dalam penggunaan secara
    teknis, maupun secara administrasi.

  5. Penggelapanmerupakan salah satu tidkan kejahtan yang sangat membuat banyak kerugian didalamnya. Kerugian yang jelas secara materil tentu akan dirasakan karena dari penggelapan ini nrtujuan menghindari proses bea cukai dan tentunya pembayaran pajak didalmnya.

    Penggelapan diatur dalam pasal 372 KUHP. Yang termasuk penggelapan adalah perbuatan mengambil barang milik orang lain sebagian atau seluruhnya) di mana penguasaan atas barang itu sudah ada pada pelaku, tapi penguasaan itu terjadi secara sah. Tujuan dari penggelapan adalah memiliki barang atau uang yang ada dalam penguasannya yang mana barang/ uang tersebut pada dasarnya adalah milik orang lain.

    pasal 372 berbunyi Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.

    Dengan adanya peraturan mengenai penggelapan, tentu pihak kepolisian dapat bertindak secara tegas dalam menegakan hukum yang ada dan sah secara hukum. Dan disisi lain seharusnya kita sebagai masyarakat harus bisa lebih paham dan jeli terhadap setiap tingkah laku yang terjadi di sekitar. Karena jika kepedulian akan ligkungan sudah baik, tentu hal – hal seperti ini bisa diminimalisir.

  6. Penggelapan adalah salah satu jenis tindak pidana yaitu berupa kejahatan terhadap harta kekayaan manusia yang diatur di dalam Kitab
    Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), rumusan pokonya diatur pada Pasal 372 yang dirumuskan sebagai berikut “Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki suatu benda yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan, diancam karena penggelapan dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau denda paling banyak Rp.900.00”.

    Kali ini Ketua Sumatera Women Foundation (SWF), Nova Zein, akhirnya ditangkap Subdit III/Jahtanras Direktorat Reserse Krimimal Umum (Ditreskrimum) Poldasu. Sebelumnya, pendiri SWF ini ditangkap setelah diadukan dua laporan polisi dalam kasus penipuan dan penggelapan ratusan kendaraan mewah. Ketua Sumatera Women Foundation (SWF), Nova Zein, akhirnya ditangkap Subdit III/Jahtanras Direktorat Reserse Krimimal Umum (Ditreskrimum) Poldasu. Sebelumnya, pendiri SWF ini ditangkap setelah diadukan dua laporan polisi dalam kasus penipuan dan penggelapan ratusan kendaraan mewah.

    Terimaksih pak polisi telah berhasil mengungkap kasus penggelapan mobil ini. Semoga kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi kita dan seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menyewa kendaraan bermotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.