Home / Fokus Redaksi / Poldasu Tangkap 17 Pelaku Rusuh Pilkada Taput
WOL Photo

Poldasu Tangkap 17 Pelaku Rusuh Pilkada Taput

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, mengungkapkan sudah ada 17 orang yang diamankan dalam kerusuhan Pilkada di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

“Kami sudah menangkap 17 orang yang diduga ikut melempar kantor Panwaslu dan pelakunya sedang dalam proses pemeriksaan,” sebut Kapoldasu, Selasa (17/7).

Diketahui, ratusan masyarakat Tarutung mendatangi Kantor Panwaslu Kabupaten Tapanuli Utara, dalam aksinya massa pendemo memprotes terkait adanya kecurangan dalam Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018 lalu.

Aksi protes tersebut berujung bentrok dengan aparat keamanan, Senin (16/7) kemarin. Aksi protes itu semakin memanas hingga akhirnya massa pun mulai bertindak anarkis dan merusak kantor Panwaslu dengan melempari batu serta bom molotov.

Akibat peristiwa itu, Ketua Panwaslu, Sardion Situmeang, terluka karena terkena lemparan batu dan langsung medapat pengawalan dari pihak kepolisian.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun awak media, kerusuhan itu terjadi karena kasus sengketa pilkada yang sedang ditangani oleh Panwaslu yang dilaporkan oleh pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan – Sarlandy Hutapea tidak dilanjutkan Panwaslu.

Sementara, Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Horas Silaen, ketika dikonfirmasi, mengatakan untuk sementara situasi di Taput hingga kini sudah berangsur aman dan kondusif.

“Dan 17 orang pelaku sudah diamankan dalam aksi. Saat ini sudah dibawa ke Polda Sumut,” ujarnya sembari mengatakan kerusuhan masih dalam proses pemeriksaan.(wol/lvz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Kapolda Sumut Supel dan Rendah Hati”

TELUKDALAM, Waspada.co.id – Sambutan hangat diberikan masyarakat Nias Selatan kepada Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: