_
Home / Medan / Poldasu Periksa Staf Komisi Soal Perjalanan Dinas Fiktif Anggota DPRDSU Rp2,5 M
Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Krimsus), Kombes Pol Ronny Samtana.

Poldasu Periksa Staf Komisi Soal Perjalanan Dinas Fiktif Anggota DPRDSU Rp2,5 M

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut melakukan pemeriksaan terhadap staf komisi-komisi di DPRD Sumut yang terkait dengan adanya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut tentang biaya perjalanan dinas diduga fiktif dewan keluar daerah senilai Rp2,552 milliar.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Krimsus), Kombes Pol Ronny Samtana, mengatakan kasusnya masih tahap penyelidikan.

“Mohon maaf, masih dalam tahap penyelidikan bang,” ujarnya, Selasa (22/10) .

Sayangnya, Ronny belum mau berkomentar lantaran kasus itu masih dalam tahap lidik. “Belum boleh kami ekspose,” jelasnya.

Sebelumnya pemeriksaan disebut-sebut dilakukan dua anggota Tim Tipidkor Poldasu, Senin (21/10). Pemeriksaan dilakukan secara tertutup di salah satu ruangan Sekwan (Sekretariat Dewan).

Dari penjelasan salah seorang staf ASN di Sekwan kepada wartawan, Tim Tipikor Poldasu hanya sebentar datang untuk melengkapi berkas hasil pemeriksaan sebelumnya yang telah dilakukan di Poldasu.

“Mereka tadi hanya sebentar saja datang, untuk melengkapi berkas pemeriksaan,” ujar salah seorang staf yang tidak mau disebut namanya.

Sementara Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, membenarkan bahwa staf komisi diperiksa Tipikor Poldasu terkait dengan biaya perjalanan dinas anggota dewan tahun anggaran 2018 yang tidak sesuai dengan laporan pertanggungjawaban perjalanan.

Menurut anggota DPRD Sumut periode 2014-2019, Sutrisno Pangaribuan, temuan BPK RI tentang realisasi belanja kegiatan kunjungan kerja (Kunker) pimpinan dan anggota dewan ini sudah diimbau untuk segera dikembalikan dalam waktu 60 hari, tapi banyak juga anggota dewan yang tidak mengembalikan.

“Dari 100 anggota dewan yang menjadi temuan BPK terkait biaya perjalanan dinas tersebut, tinggal beberapa dewan saja yang belum mengembalikannya. Padahal pada waktu itu, BPK dan Sekwan Erwin Lubis sudah mengimbau untuk dikembalikan. Akhirnya temuan tersebut dilimpahkan BPK ke Poldasu,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolsek Medan Baru Siap Amankan Kantor Konjen AS

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah, bersilahturahim menyambangi Konjen Amerika Serikat di Gedung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.