_
Home / Medan / Poldasu dan BKSDA Amankan 3 Ekor Binturong
WOL Photo

Poldasu dan BKSDA Amankan 3 Ekor Binturong

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Unit 3 Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara mengamankan tiga ekor binturong dari seorang pemeliharanya bernama Arpan (24) di Jalan HM Joni, Gang Aman I, Kecamatan Medan Kota.

Humas BKSDA Sumut, Andoko Hidayat, mengatakan penyitaan satwa dilindungi jenis binturong (Arctictis Binturong) dilakukan setelah menerima informasi dari masyarakat adanya pemeliharaan satwa dilindungi.

“Menurut pengakuan Arpan, satwa jenis binturong itu diperoleh atas pemberian seseorang dari Aceh sekitar 5 tahun yang lalu,” katanya, Jumat (23/8).

Dari pemeriksaan, Andoko menuturkan tim gabungan lalu mengamankan satwa tersebut karena tidak dilengkapi dengan dokumen maupun izin penangkaran satwa dilindungi. Bahkan, Arpan turut dibawa ke Mapolda Sumut.

“Kasus ini kemudian ditangani oleh Polda Sumut, untuk dilakukan pemeriksaan,” tuturnya.

Diketahui, pengungkapan kasus pemeliharaan binturong di Kota Medan merupakan yang pertama di tahun ini.

“Di sini kita mendukung sepenuhnya upaya hukum yang diambil Polda Sumut, mengingat satwa-satwa tersebut merupakan satwa liar yang dilindungi,” bebernya.

Andiko menambahkan, status perlindungan terhadap binturong tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tanggal 28 Desember 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa dilindungi.

“Saat ini ke 3 individu binturong tersebut dititipkan ke PPS Sibolangit untuk mendapatkan perawatan dan rehabilitasi sebelum nantinya dilepas liarkan ke habitatnya,” pungkasnya.(wol/lvz/ryan/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Poldasu Diminta Hentikan Judi di Sibolangit

SIBOLANGIT, Waspada.co.id – Kepolisian Daerah Sumatera Utara diminta menghentikan perjudian skala besar di Desa Bandar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.