Home / Fokus Redaksi / Poldasu Ciduk Warga Aceh Bawa Sabu 28,18 Kg
WOL Photo

Poldasu Ciduk Warga Aceh Bawa Sabu 28,18 Kg

MEDAN, Waspada.co.id – Seorang pemuda, Tarmizi (28) warga Desa Suka Mulia, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, diamankan petugas Unit Dit Res Narkoba Polda Sumut saat melintas di Jalinsum Medan Banda Aceh persis di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat tepatnya di SPBU Besitang, Minggu (20/5) sekitar pukul 21.00 WIB.

Tersangka diamankan karena berdasarkan informasi yang diterima pihak Subdit III Dit Narkoba Polda Sumut, ada dua orang membawa narkoba jenis sabu dan akan melintas di Jalinsum Medan-Aceh tepatnya di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw, Jumat (25/5), mengatakan penangkapan berawal pada Minggu (20/5)  sekitar pukul 20.00 WIB mengenai adanya informasi dari masyarakat bahwa ada dua laki-laki membawa narkotika jenis sabu melewati Jalan Lintas Sumatera (Medan) Banda Aceh Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Mendapat informasi tersebut, petugas Unit 1 Subdit lII Ditresnarkoba Polda Sumut langsung mendatangi lokasi, sesuai informasi masyarakat tersebut yang dipimpin langsung Kompol Aris Wibowo.

Sekitar pukul 21.00 WIB, kata orang nomor satu di Polda Sumut ini, tim melihat satu unit mobil Toyota Kijang Innova warna Biru Metalic BK 1878 BH di Jalan Lintas Sumatera (Medan) Banda Aceh, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat tepatnya di SPBU.

“Mobil tersebut diberhentikan tim dan sopir yang diketahui bernama Anuwar langsung melarikan diri karena mengetahui mobil yang ia kendarai diberhentikan petugas kepolisian,” ujar Jenderal bintang dua ini.

Kapoldasu mengaku Anuwar belum tertangkap dan sudah masuk ke Daftar Pencarian Orang (DPO) dan tim berhasil melakukan penangkapan Tarmizi yang merupakan warga Desa Suka Mulia, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang.

Selanjutnya, masih dikatakan Kapolda, tim melakukan penggeledahan mobil, dan tim menemukan di bangku belakang berupa satu tas warna hitam merah yang didalamnya terdapat 19 bungkus plastik teh warna hijau bertuliskan tulisan cina merek Qing Shan dan 10 (sepuluh) bungkus plastik warna emas bertuliskan tulisan cina berlogo lima bintang yang berisikan narkotika jenis sabu dengan berat keseluruhan 28.180 Kg.

“Tarmizi melakukan kejahatan dengan motif mencari keuntungan untuk memperkaya diri sendiri dengan cara mengantar narkotika jenis sabu kepada calon pembeli/penerima dan perbuatan ini telah sering dilakukan berulang kali,” terangnya.

Adapun barang bukti yang diamankan adalah 29 paket narkoba jenis sabu seberat 28.18 kg, satu unit handphone, dan satu unit mobil Toyota Kijang lnnova.

“Tarmizi, melanggar Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 tahun dan paling lama 20 tahun,” pungkas Kapolda.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kadis Pertanian Palas Bersama 6 Orang Koleganya Terjaring OTT Rp1,8 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Dinas Pertanian Padang Lawas berinisial AN, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: