Home / Fokus Redaksi / Poldasu Bongkar Praktik Aborsi, 2 Pelaku Ditangkap
Polda Sumut berhasil membongkar praktek aborsi di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Sitirejo II, Kecamatan Medan Amplas. (WOL Photo)

Poldasu Bongkar Praktik Aborsi, 2 Pelaku Ditangkap

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut berhasil membongkar praktik aborsi di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Sitirejo II, Kecamatan Medan Amplas.

Dalam pengungkapan praktik aborsi yang dilakukan Dit Res Krimsus Poldasu meringkus dua pelaku berinisial NFT dan KFS.

Pelaksana Harian Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Rabu (29/8), mengatakan terungkapnya praktik aborsi berawal dari laporan masyarakat. Dari laporan itu petugas langsung mendatangi lokasi.

“Saat berada di TKP, petugas menemukan seorang perempuan berinisial NFT yang sedang melakukan tindakan medis terhadap seorang pasien KFS alias TIKA yang diketahui akan melakukan aborsi terhadap janinnya yang telah berusia empat bulan di kandungan,” ungkapnya.

MP Nainggolan menuturkan, dari lokasi diamankan barang bukti berupa uang tunai Rp5 juta, satu unit tempat tidur pasien, satu bantal, satu lembar perlak, satu potong kain sarung, satu tiang infus, satu fles infus dextrose bekas, dan tiga ampul pitogen yang masih berisi.

“Pengakuan para tersangka praktik aborsi ilegalnya sudah berjalan sejak tahun 2012. Diparkirkan 5 pasien mulai dari awal dia buka praktik ilegalnya sudah melakukan aboris di tempat itu,” tuturnya.

Atas perbuatan kedua tersangka, disangkakan dengan Pasal 194 jo Pasal 75 ayat (2) UU. RI No. 36 Tahun 2009 tentang UU Kesehatan dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun dan denda Rp1 miliar.

Selain itu, keduanya juga dikenakan Pasal 86 jo pasal 46 Ayat 1 UU. RI No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan dengan ancaman denda Rp100 juta. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kompol Eddi Suprianto Dipercaya Jabat Waka Polres Belawan

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, melakukan mutasi di jajaran perwira ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: