_
Home / Medan / Poldasu Bekuk 3 Sindikat Curanmor, 1 Ditembak
WOL Photo

Poldasu Bekuk 3 Sindikat Curanmor, 1 Ditembak

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Subdit III/Umum Direktorat Reskrimum Polda Sumut bongkar sindikat pencuri kendaraan bermotor (curanmor) spesialis dari teras rumah dengan mengamankan tiga pelaku.

Bahkan, seorang tersangka terpaksa ditembak karena mencoba melawan saat penangkapan.

Wakil Direktur Reskrimum Polda Sumut, AKBP Donald Simanjuntak, mengatakan tiga pelaku yang ditangkap bernama Riyan Pratama alias Riyan (20) warga Jalan Nusantara, Gang Dame, Kelurahan Bandar Klippa, Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang.

Kemudian, Rudy Hartono alias Penyuk (29) warga Sabilina Pasar VII Tembung, Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang dan Jhosua Adytia Wiranta Sinambela (22) warga Jalan Pelikan XVIII, Kelurahan Kenangan, Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang, atas laporan nomor LP/510/K/SPKT/Sek Medan Area dan LP/92/VII/2019/Res Ds/Sek Namorambe.

“Untuk sementara ada 2 laporan yang kita terima,” katanya didampingi Kasubdit III/Ditreskrimum Poldasu AKBP Maringan Simanjuntak.

Donald menuturkan, para pelaku bila beraksi selalu mengincar sepeda motor yang ada di teras rumah. “Mereka (tersangka) ini, spesialis curanmor di teras rumah korban dan beraksi pada malam hari,” tegasnya.

Setelah mendapatkan laporan itu, Donald menuturkan personil Subdit III/Umum Direktorat Polda Sumut kemudian bergerak cepat untuk mengejar para pelaku. Setelah dilakukan penyelidikan, petugas pun mengetahui identitas pelaku.

“Awalnya kita tangkap Riyan di Jalan Jermal. Setelah diintrogasi, pelaku mengaku beraksi tidak sendiri melainkan dengan tersangka Jhosua. Sedangkan satu orang tersangka Rudi Hartono diamankan di Polsek Medan Area,” sebutnya.

Saat dilakukan pengembangan lagi, seorang tersangka yakni Riyan mencoba kabur. “Kita coba kasih tembakan peringatan tapi tidak digubris dan anggota terpaksa melumpukan kakinya dengan timah panas,” sebutnya lagi.

Menurut hasil pemeriksaan sementara, para tersangka sudah delapan kali beraksi.

“Ke delapan TKP itu Jalan Rahmadsyah, Namo Rambe, Simalingkar, Jermal, Seksama, Pajak Pakam, Helvetia dan Pasar XII Tembung. Setelah kita kembangkan korban yang di Jalan Rahmadsyah sudah buat laporan ke Polsek Medan Area dan Namo Rambe buat laporan di Polsek Namo Rambe. Kedua laporan itu sudah dilimpahkan ke Polda Sumut. Tapi masih kita kembangkan lagi untuk mencari TKP atau korban lain,” sebutnya.

Untuk pelaku, dikenakan pasal pasal 363 ayat 2 KUHPidana dengan ancaman 9 tahun kurungan.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

7 Petugas Puskesmas di Labuhanbatu Terjaring OTT

LABUHANBATU, Waspada.co.id – Dit Reskrimsus Polda Sumatera Utara tangkap 7 pegawai Puskesmas Parlayuan, Kecamatan Rantau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.