_
Home / Fokus Redaksi / Poldasu Bekuk 15 Pemilik 50 Kg Sabu, 15.846 Ekstasi, dan 170 Kg Ganja
WOL Photo

Poldasu Bekuk 15 Pemilik 50 Kg Sabu, 15.846 Ekstasi, dan 170 Kg Ganja

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumatera Utara menggagalkan penyelundupan 50 kg sabu, 15.846 butir ekstasi dan 170 kg ganja.

Tak hanya itu, 15 tersangka jaringan Malaysia-Aceh-Riau-Sumut turut diamankan.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Hendri Marpaung, mengatakan pengungkapan pertama dilakukan di Jalan Tanjungpura KM 31, Desa Tandem Hilir 1, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang Senin (13/5) malam.

“Di situ, petugas menghentikan satu unit mobil Avanza BK 1841 LD yang ditumpangi dua pria berinisial MRA alias R dan KA alias AI.

“Di. situ petugas tidak menemukan barang bukti narkoba,” ujarnya, Kamis (13/6).

Saat diinterogasi, keduanya mengaku narkoba itu berada di dalam mobil Xenia putih BK 1315 UJ yang dibawa pelaku FR alias P. Lalu polisi melakukan pengembangan dan menghentikan mobil tersebut di SPBU Tandem Hulu, Jalan Tanjungpura KM 30, Desa Tandem Hulu 2, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang.

“Petugas menemukan 5 bungkus kemasan teh cina warna hijau bertuliskan Guan Yin Wang berisi sabu seberat 5 Kg. Namun, saat dilakukan pengembangan KA alias AI dan FR alias P melakukan perlawanan, sehingga petugas menembak kaki kiri keduanya,” tegas Hendri Marpaung.

Pengungkapan kedua dilakukan di Jalan Lintas Sumatera KM 13 Tebingtinggi – Kisaran, Simpang 3 Tebingtinggi Syah Bandar, Kelurahan Binjai, Kecamatan Syah Bandar, Kabupaten Serdangbedagai, Kamis (16/5).

Petugas menghentikan satu sepeda motor Honda Sonic BK 2859 TAB yang dikendarai dua pria inisial AG dan WC. Di situ petugas menyita barang bukti 9 bungkus teh cina warna hijau yang bertuliskan Guan Yin Wang berisikan sabu 9 Kg.

“Kedua pelaku juga kita beri tindakan tegas terukur karena berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap,” ungkapnya.

Dari keterangan keduanya, menyebutkan ada tiga pria yang akan membawa sabu dari Pekanbaru ke Medan. Petugas pun melakukan pengembangan dan menangkap pelaku Z dan ZAH di Jalan Kapten Sumarsono Medan, Senin (27/5).

“Dari mereka disita barang bukti 10 bungkus kemasan teh cina berisi sabu seberat 10 Kg. Petugas lalu menangkap JN alias P di Jalan Restu, Gang Klaster Medan. Namun tidak ada barang bukti ditemukan saat dilakukan geledah badan. Pelaku Z dan ZAH juga kita beri tindakan tegas terukur karena melakukan perlawanan,” terangnya.

Petugas kembali melakukan pengembangan dan penangkapan di Jalan Soekarno-Hatta KM 19 Kota Binjai pada Selasa (4/6). Di situ petugas menghentikan mobil Avanza BK 1287 ML yang dikendarai DAT dan SR.

“Dari keduanya disita barang bukti 25 Kg sabu dan 15.846 butir pil ekstasi. Keduanya juga diberi tindakan tegas karena melakukan perlawanan,” jelasnya.

Penangkapan berlanjut di Jalan Penerbangan, Kelurahan Kuala Bekala, Kecamatan Medan Tuntungan dengan menangkap MS dan MR pada Minggu (9/6).

“Petugas menyita 1 Kg sabu yang digantung di bawah lampu depan sepeda motor Yamaha NMax BL 4643 KAK. Keduanya juga kita tembak kakinya,” tambahnya.

Selain itu, Hendri menuturkan pada Kamis (16/5) petugas menghentikan mobl Avanza hitam BK 1895 GV dan mobil Avanza putih BK 1401 NYN yang ditumpangi B, DB, dan M di Jalan Bunga Raya, Kecamatan Medan Sunggal.

“Dari ketiganya disita barang bukti 170 Kg ganja. Petugas memberikan tembakan di kaki B dan BD karena melakukan perlawanan,” akunya.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 111 Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009.

“Ancaman hukuman pidana mati, penjara seumur hidup dan atau paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun, serta denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar,” pungkasnya. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pabrik Mancis Terbakar, Puluhan Pekerja Tewas Terpanggang

BINJAI, Waspada.co.id – Pabrik pembuatan mancis yang berlokasi di Jalan Tengku Amir Hamzah, Desa Sambirejo, Kwala ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: