Home / Fokus Redaksi / Poldasu Amankan 32,53 Kg Sabu dan 200 Pil Ekstasi Dari 24 Tersangka
WOL Photo

Poldasu Amankan 32,53 Kg Sabu dan 200 Pil Ekstasi Dari 24 Tersangka

MEDAN, Waspada.co.id – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara mengungkap kasus narkoba jaringan internasional dengan 24 tersangka dan barang bukti sebanyak 32,53 Kg sabu, 200 butir pil ekstasi, dan 55 butir pil epilon.

Direktur Narkoba Poldasu, Kombes Pol H Marpaung, Selasa (13/11) menjelaskan awalnya pihaknya mengamankan dua kurir sabu dari kawasan perairan laut Batubara. Dari tangan kedua pelaku ini petugas menyita barang bukti 24 Kg sabu.

Penangkapan dua kurir sabu, M dan AR ini bermula dari informasi masyarakat. Dalam info tersebut, sebanyak 24 Kg sabu dari Malaysia akan masuk ke Indonesia.

“Dijemput oleh dua pelaku dari perairan Laut Batubara,” ujar Kombes Pol Hendri Marpaung.

Setelah mendapatkan laporan itu, petugas kemudian melakukan pengejaran terhadap dua pria yang menjemput sabu itu. “Kemudian sabu itu dibawa ke salah satu rumah tersangka,” ucapnya.

Dari hasil penyelidikan, petugas melakukan penggerebekan di rumah tersangka A Jalan Dusun I Dasa Perupuk Kecamatam Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. “Ternyata sabu itu disimpan di dalam tanah untuk mengklabui petugas. Anggota tidak kecolongan dan berhasil menemukan barang bukti itu,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, keduanya pelaku beserta barang bukti diboyong ke Mapoldasu. “Kedua pelaku ini perannya sebagai kurir,” jawabnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, rencananya, sabu seberat 24 Kg itu akan diedarkan ke Provinsi Sumut dan Kalimantan. “Kita berhasil menggagalkan masuknya narkoba ke Indonesia,” sebut Hendri Marpaung.

Sebelumnya, Poldasu beserta Polres jajaran melakukan penangkapan dari mulai dari 31 Oktober hingga 12 November 2018. Pada 31 Oktober 2018, Poldasu meringkus dua pria MM dan FBH dari Jalan Sei Silau Perumahan Wahid Hasyim Garden No B-12 Kelurahan Padang Bulan Selayang I Kecamatan Medan Selayang. Dari kedua pelaku ini petugas menyita barang bukti 2 bungkus plastik putih tembus pandang yang berisikan Narkotika jenis shabu seberat 182 Gram.

Di hari yang sama, Poldasu menangkap tiga pria AS, H dan LF dari Kawasan Jalan Gatot Subroto Medan. Dari para pelaku ini petugas menyita sabu seberat 198 Gram.

Kemudian pada 31 Oktober, petugas Ditresnarkoba Poldasu menangkap dua pelaku narkoba yang merupakan mertua dan menantu HA dan NN. Kedua pelaku ini ditangkap di Bandara Kualanamu Internasional Kabupaten Deliserdang tepatnya di Gate Kualanamu dan menyita barang bukti sabu seberat 1 Kg.

Kemudian di hari yang sama, Ditresnarkoba Poldasu menangkap seorang pria A di Jalan Sei Mencirim Desa Suka Maju Kecamatam Sunggal Kabupaten Deliserdang. Dari pelaku ini petugas menyita barang bukti satu bungkus sabu seberat 1,8 Kg, satu bungkus seberat 856 Gram, dan sabu seberat 957 Gram.

Lalu melakukan penangkapan kepada dua pria AH dan MW di Jalan Iling Simpang Kantor Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan. Dari pelaku disita barang bukti sabu 97,82 Gram.

Pada 2 November 2018 Poldasu menangkap seorang pria F di Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Medan Amplas. Dari pelaku petugas menyita 200 Gram sabu.

Penangkapan selanjutnya Pada hari Jumat tanggal 02 Nopember 2018 di jalan Bilal Gang Musyawarah 456 Kelurahan Pulo Brayan Darat I Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Dalam penangkapan ini petugas mengamankan tiga pria M, Y dan A serta sabu-sabu seberat 992 Gram.

Kemudian melakukan penagkapan dua pria berinisial MF dan I di Jalan Letda Sujono Simpang Jalan Padang Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung dan Jalan William Iskandar Kecamatan Percut Seituan. Sabu yang disita dari kedua pria ini 1 Kg.

Kemudian penangkapan terhadap AHR dan TMA di Jalan Rawa I Kelurahan Tegal Sari Mandala III Medan Area Kota Medan. Barang bukti yang disita berupa narkotika jenis Pil Epilon sebanyak 55 butir berwarna kuning berlogo Twetty dengan berat keseluruhan seberat 14,46 Gram.

Pada hari Rabu tanggal 07 November 2018 sekira pukul 22.00 Wib di Komplek Taman Hako Indah (THI) Jalan Melati, No. 88 Kel. Cinta Damai Kec. Medan Helvetia Kota Medan, telah dilakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka laki-laki dengan inisial RN dan satu orang tersangka perempuan YY.

Barang Bukti yang disita 1 bungkus plastik teh cina warna hijau merk Qing Shan berisikan sabu seberat 1.000 Gram, 1 bungkus plastik klip tembus pandang berisikan shabu seberat 100 gram, 3 bungkus plastik klip tembus pandang berisikan sabu seberat 11 gram.

Penangkapan ke-10 Pada hari Kamis tanggal 08 November 2018 sekira pukul 19.30 WIB, di Jalan Dr. Mansyur Kecamatan Medan Baru Kota Medan tepatnya di dalam rumah Komplek USU, telah dilakukan penangkapan terhadap 3 tersangka laki-laki dengan inisial CBMS, AN dan AIN.

Barang bukti yang disita 1 Kotak kardus dibalut dengan plastik warna putih bertuliskan Fradile yang berisikan 5 (lima) bungkus plastik klip bening tembus pandang yang di dalamnya berisikan sabu dengan berat keseluruhan seberat 500 gram.

Penangkapan ke-11 pada hari Kamis tanggal 08 November 2018 sekira pukul 10.00 WIB di Jalan Kaswari Kelurahan Sei Sikambing B Kec. Medan Sunggal Kota Medan tepatnya di doosmeer Galaksi, telah dilakukan penangkapan terhadap 3 (tiga) orang tersangka laki-laki dengan inisial Z, MI dan A. Barang Bukti yang disita 1 (satu) bungkus plastik teh merk Guanyinwang yang berisikan sabu seberat 1.000 (seribu) gram.

Kemudian, Polres Serdang Bedagai pada hari Kamis tanggal 08 November 2018 sekira pukul 02.00 WIB di Lingkungan VI Desa Tualang Kecamatan Perbaungan Kabupaten Sergai, telah dilakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka laki-laki dengan inisial R dan A. Barang bukti yang disita 1 (satu) bungkus plastik berwarna kuning emas bertuliskan Refined Chinese Tea berisikan sabu seberat 850 gram, satu bungkus plastik tembus pandang berisikan sabu seberat 50,94 gram, satu bungkus plastik klip tembus pandang berisikan sabu seberat 25,97 gram, satu bungkus plastik klip tembus pandang berisikan sabu seberat 14,36 gram, dua bungkus plastik klip tembus pandang berisikan shabu seberat 2,08 gram, satu bungkus plastik klip tembus pandang berisikan sabu seberat 1,16 gram, satu unit timbangan elektrik.

Kemudian Polres Tanjungbalai melakukan penangkapan pada hari Kamis tanggal 08 November 2018 sekira pukul 20.30 WIB di Jalan Sungai Dua, Gang Futsal, Kel. Bunga Tanjung, Kec. Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, telah dilakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka laki-laki dengan inisial DH dan FR. Barang bukti yang disita 1 bungkus plastik warna putih tembus pandang berisikan pil eksstasi sebanyak 200 butir warna merah muda merk Hello Ketty setelah dilakukan penimbangan seberat 55 gram.

Menurut Dir Narkoba Poldasu, pengungkapan kasus tersebut merupakan keberhasilan Poldasu dalam memberantas narkoba. “Dengan jumlah narkoba yang disita akan terselamatkanlah anak bangsa 325.638 orang,” pungkas Marpaung.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapoldasu Mutasi Sejumlah Pamen dan Pama

MEDAN, Waspada.co.id -Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, melakukan mutasi kepada sejumlah pejabat Pamen dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: